Danrem : Harus Ada TMP di Setiap Daerah

Danrem : Harus Ada TMP di Setiap Daerah

BENGKULU, BE - Dalam memperingati HUT TNI yang ke-71, kemarin (4/10) Korem O41/Gamas Bengkulu dan Lanal Bengkulu menggelar ziarah ke Taman Makam Pahlawan di Balai Buntar Bengkulu.

Ziarah yang dipimpin langsung oleh Danrem 041/Gamas , Kolonel Inf Andi Muhammad ini bertujuan untuk mengingat jasa para pahlawan yang telah gugur demi memperjuangkan kemerdekaan negara Indonesia.

\"Ziarah ini mempunyai makna yang mendalam sekali. Dimana kita tidak boleh melupakan jas merah (jas merah) dan jasa para pahlawan kita yang telah gugur memperjuangan kemerdekaan negara kita,\" terang Danrem 041/Gamas , Kolonel Inf Andi Muhammad kepada BE, kemarin.

Tak hanya itu, Andi juga menegaskan, pemerintah, baik kabupaten dan kota harus memiliki taman makam pahlawan (TMP) sendiri. Hal tersebut mengingat saat ini, TMP di Provinsi Bengkulu masih minim.

\"Di undang-undang sudah diatur, makam pahlawan harus ada di satu wilayah. Kita berharap eksekutif dan legislatif mampu untuk merealisasikannya,\" ungkapnya.

Tak hanya makam pahlawan, Danrem juga mengatakan, gedung juang yang ada di Provinsi Bengkulu juga minim. Sebab itu, pada moment HUT TNI ini, Andi meminta pemerintah juga dapat membanguan gedung juang di setiap daerah, supaya dapat dimanfaatkan oleh veteran melakukan kegiatan.

\"Jika ini dapat direalisasikan, maka akan membawa dampak positif untuk pejuang kita. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk genarasi berikutnya,\" tambah Andi.

Semantara itu, ziarah di Taman Makam Pahlawan Balai Buntar Bengkulu yang diikuti seluruh prajurit dan ASN TNI, meresapi perjuangan para pahlawan demi kemerdekaan negara dan Bangsa Indonesia.

Andi menegaskan, sebagai penerus bangsa yang harus benar-benar menjaga persatuan dan kesatuan di Bumi Pertiwi ini serta menjaga nilai perjuangan yang telah dibangun jangan sampai terlupakan. \"Generasi penerus bangsa sudah sepantasnya kita menghargai dan menghormati jasa-jasa para pahlawan. Dimana tanpa peran para pahlawan tentunya negara kita tidak dapat seperti sekarang ini, dan sebagai generasi penerus bangsa kita wajib meneruskan cita-cita perjuangan bangsa,\" tagasnya.

Rangkaian acara ini diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan serta mengheningkan cipta dan terakhir adalah peletakan karangan bunga dan disusul dengan tabur bunga di makam pahlawan. Terlihat dalam ziarah tersebut  Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Fajar Rusdianto SE beserta anggotanya, Kasrem 041/Gamas Letkol Kav M Jaelani, Para Kadisjan/Kabalakrem 041/Gamas, para Dandim jajaran Korem 041/Gamas, Ketua dan Pengurus Persit KCK Koorcabrem 041/Gamas, Ketua dan Pengurus Persit Cabang XVIII Kodim 0407/Bkl, Ketua dan pengurus Jalasenatri, para Pamen, Pama, Bintara dan ASN se- Garnizun Korem 041/Gamas Bengkulu.

Sementara untuk hari ini (5/10), Korem 041/Gamas Bengkulu, akan menggelar upacara bendara. Tak hanya itu, rangkaian syukuran HUT TNI juga akan digelar di Mako Korem 041/Gamas Bengkulu.(151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: