Pembukaan Tabot Diguyur Hujan

Pembukaan Tabot Diguyur Hujan

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Festival Tabot tahun 2016 dibuka langsung oleh Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti malam ini, Sabtu (01/10/2016) sekira pukul 08.00 WIB. Hujan lebat mengguyur pembukaan Festival Tabot yang digelar di lapangan View Tower Kota Bengkulu. Hujan masih mengguyur disaat Ridwan Mukti menyampaikan kata sambutan.

Sontak, ribuan masyarakat yang sebelumnya ramai berkerumun menyaksikkan pembukaan di sekitaran panggung utama mendadak sepi.

Hanya para undangan yang duduk dibawa tenda di depan panggung yang tetap bertahan.

Hujan disertai angin berlangsung cukup lama.

Dalam sambutaanya, Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti meminta maaf kepada masyarakat yang menyaksikan pembukaan Festival Tabot yang kurang kondusif.

\"Atas nama pemerintah Provinsi Bengkulu, saya meminta maaf. Sebenarnya hujan dapat diantisipasi lebih awal,\"  ucapnya.

Gubernur berjanji untuk tahun - tahun selanjutnya, Festival Tabot dapat berlangsung lebih baik lagi.

\"Saya Ridwan Mukti Gubernur Bengkulu bertanggung jawab untuk menyelenggarakan festival tabot lebih baik lagi,\" janjinya.

Tabot dalah upacara tradisional masyarakat Bengkulu ntuk mengenang tentang kisah kepahlawanan dan kematian cucu Nabi Muhamad SAW, Husein bin Ali bin Abi Thalib dalam peperangan dengan Ubaidillah bin Zaid di padang Karbal Irak pada tanggal 10 Muharam 61 Hijriah (681 M). (Dil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: