Guru dan Honorer Didata

Guru dan Honorer Didata

TAIS, Bengkulu Ekspress - Penggabungan Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Seluma ke Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu dilaksanakan pada awal Oktober ini. Penyerahan itu hanyalah guru dan tenaga honorer ditingkat SMA dan SMK saja.

“Semua jumlah guru tingkat SMA dan SMK di Kabupaten Seluma, baik PNS maupun  non PNS sudah didata. Dari jumlah 10 SMA yang ada serta 6 SMK yang sudah resmi berdiri di Kabupaten Seluma,” tegas Kapala Dinas pendidikan dan Kebudayaan Seluma Muksir Ibrahim SPd melalui  Kabid Dikmen Dispendikbud Seluma Maryono MPd kepada BE kemarin (30/9).

Jumlah tenaga guru dan TU tingkat SMA dari kalangan PNS sebanyak 218 orang, kemudian SMK sebanyak 68 orang. Total guru PNS dan TU SMA sebanyak 286 orang, sedangkan  jumlah guru dan TU non PNS SMA 150 orang. Berikutnya tingkat SMK 110 orang. Sehingga jumlah guru SMA dan SMK non PNS termasuk tenaga TU  260 orang.

“Itu data keseluruhan sudah termasuk PNS dan Non PNS setelah dilakukan penghitungan,” sampainya.

Hanya guru yang ditarik ke Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu, sedangkan untuk tenaga teknis di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Seluma tetap menjadi PNS Seluma.

Meskipun ditarik Dispendik, Kabid Dikmen berharap tenaga TU dan guru honorer tetap diberdayakan. Karena selama ini mereka sudah lama mengabdi di Kabupaten Seluma., serta membantu proses belajar mengajar ditingkat SMA dan SMK. Terlepas dari masalah tersebut, secara anggaran daerah tetap diuntungkan. Karena beban pembayaran gaji seluruh guru dan TU ini tidak lagi ditanggung oleh APBD Seluma. Melainkan ditanggung oleh APBD Provinsi Bengkulu.

“Penarikan itu harus diikuti seluruh PNS jika tidak bersiaplah menjalani pemeriksaan Inspektorat dan diberikan sanksi. Ini telah tertulis dalam aturan,”vujarnya singkat.Terkait rencana Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu membentuk UPTD Dikmen diwilayah Seluma dibawah naungan Pemda Provinsi Bengkulu, sampai saat ini Maryono belum mendapatkan informasinya.

“Perwakilan di seluma nantinya belum diketahui pasti apakan UPTD atau lainya,”singkatnya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: