Waspada Banjir dan Longsor

Waspada Banjir dan Longsor

\"SungaiTAIS, Bengkulu Ekspress - Curah hujan tinggi dan angin kencang yang terjadi akhir-akhir ini menimbulkan potensi banjir dan longsor di Kabupaten Seluma. Tentu saja kondisi ini membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seluma bersiaga.

Dikatakan Kepala Pelaksana BPBD Seluma, Drs H Azwardi, masyarakat diimbau untuk selalu waspada. Terutama bagi warga yang tinggal di lokasi yang sudah ditetapkan sebagai wilayah rawan banjir dan rawan longsor.

“Kita mengimbau masyarakat agar waspada banjir dan longsor. Waspada supaya dapat menghindari potensi kerugian dan korban ketika suatu waktu terjadi banjir maupun longsor,” kata Azwardi.

Lokasi rawan banjir antara lain, di Desa Rawa Indah Kecamatan Ilir Talo, Desa Sukarami Kecamatan Seluma Selatan, Desa Pagar Agung Kecamatan Seluma Barat, Desa Padang Pelasan Kecamatan Air Periukan, Desa Pasar Ngalam Kecamatan Air Periukan, Seluma, dan desa di Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) di sekitar DAS sungai Maras. Selain itu, masih terdapat sejumlah lokasi lainnya yang juga dianggap berpotensi banjir.

“Setidaknya kita bisa menghindar dan mengurangi resiko korban jiwa,” terangnya.

Sementara  lokasi rawan longsor, sejauh ini hanya berpotensi terjadi di sejumlah titik jalan raya, seperti di Desa Air Teras Kecamatan Talo, di Desa Gunung Agung Kecamatan Lubuk Sandi, Desa Talang Durian Kecamatan Semidang Alas (SA), dan 8 sejumlah desa di Kecamatan Ulu Talo. Namun demikian, warga tetap dihimbau waspada terhadap kemungkinan adanya potensi longsor di lokasi pemukiman.

“Ini berdasarkan data yang ada dan memang rawan akan bencana yang tidak kita inginkan,”tegasnya.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: