Kader Asuh Mandiri Belajar Meracik Obat Herbal

Kader Asuh Mandiri Belajar Meracik Obat Herbal

\"wp-1475062249586.jpg\"CURUP, bengkuluekspress.com - Rabu (28/09/2016), Dinas Kesehatan Rejang Lebong didatangi Tim Loka Kesehatan Tradisional Masyarakat (LKTM) Palembang. Kedatangan LKTM dalam rangka orientasi Kader Asuhan mandiri, di Hotel Mutiara. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari.

Kepala LKTM dr Febrika Widiasari, mengatakan, Kader Asuhan Mandiri diajarkan tata cara meracik ramuan herbal dari tanaman obat, seperti, secang, kayu manis, cengkeh, kapulaga, kunyit, daun kelor dan berbagai tanaman obat lainnya. Mereka juga diajarkan cara mengurut dengan benar pada beberapa titik sendi atau akupuntur.

\"Sehingga ilmu yang mereka dapatkan nanti dapat diamalkan, terutama dalam keluarganya serta diharapkan mereka dapat mengajarkannya kepada yang lain,\" ujarnya.

Ditambahkan Febrika, untuk pesertanya dari kalangan masyarakat yang dipilih oleh pihak Dinas Kesehatan kabupaten, berjumlah 50 orang, dengan rincian, 42 kader dari masyarakat umum, empat dari Dinas Kesehatan dan empat dari Tim Penggerak PKK Rejang Lebong.

\"Pastinya, apa yang diajarkan kepada mereka ini, sebagai antisipasi penanganan awal untuk mengobati penyakit dengan tanaman obat,\" jelas Febrika.

Sementara itu, Kabid P3PL Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Nunung Tri Mulyani menyampaikan, kepada masyarakat Rejang Lebong agar dapat memanfaatkan perkarangan rumah mereka untuk ditanami tanaman obat.

\"Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Rejang Lebong (Fitri Hijazi.red) juga sangat berterimkasih dengan adanya pelaksanaan kegiatan ini, ia berharap kegiatan ini terus berlanjut kedepannya, apalagi mengingat ini sangat bermanfaat untuk masyarakat,\" pungkas Nunung, mengingat pesan Ketua Tim Penggerak PKK Rejang Lebong.(Ade)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: