Cuaca Ekstrem Diprediksi Sampai Januari

Cuaca Ekstrem Diprediksi Sampai Januari

\"RIO-OMBAK

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu memprediksi dalam beberapa hari kedepan wilayah Provinsi Bengkulu akan dilanda cuaca ekstrem seperti badai, angin puting beliung dan gelombang laut yang tinggi yang bisa mencapai 4 meter diperairan Bengkulu.

Kepala Seksi Informasi dan Observasi BMKG Bengkulu, Sudiyanto mengatakan, cuaca ekstrem akan terjadi beberapa hari kedepan, meskipun di siang hari cuacanya panas, tetapi di sore dan malam harinya wilayah Bengkulu berpotensi dilanda hujan deras dan badai. Bahkan untuk 10 kabupaten/kota berpotensi akan dilanda angin puting beliung yang disertai hujan deras yang disertai petir.

\"Selain cuaca yang ekstrem diperkirakan gelombang tinggi juga akan terjadi diwilayah Bengkulu, jadi kita harapkan masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati terutama bagi para nelayan untuk tidak pergi melaut dahulu,\" terangnya kemarin (27/9).

Ia menyampaikan, untuk masyarakat Bengkulu dan sekitarnya untuk selalu memperhatikan perubahan cuaca setiap harinya, agar tidak menimbulkan korban jiwa baik yang tersambar petir, pohon tumbang maupun akibat rumah roboh akibat diterjang angin kencang.

\"Untuk sekarang ini, cuacanya memang sedang tidak menentu, walaupun musim kemarau tetapi hujan tetap ada bahkan intensitas hujannya cukup deras pada sore dan malam hari, perkiraan kita cuaca ekstrem ini bisa terjadi hingga akhir bulan September bahkan sampai bulan Januari,\" ucapnya.

Ia menjelaskan, untuk angin puting beliung sangatlah berbahaya karena angin kencang yang diikuti dengan adanya putaran didalamnya sangat membahayakan terutama terhadap bangunan dan perpohonan, karena penyebab angin puting beliung dikarenakan pada siang hari suhu udara panas, pengap dan awan hitam mengumpul, akibat radiasi matahari di siang hari tersebut, maka tumbuhlah awan secara vertical, Kemudian didalam awan tersebut terjadi pergolakan arus udara naik dan turun dengan kecepatan yang cukup tinggi, arus udara yang turun naik dengan kecepatan yang tinggi menghembus kepermukaan bumi secara tiba-tiba dan berputar secara acak yang menimbulkan angin puting beliung yang disertai badai.

\"Untuk maslah angin puting beliung tidak tahu kapan terjadinya tetapi kemungkinan besar wilayah Provinsi Bengkulu bisa terkena badai, jadi kita harapkan untuk selalu waspada dan berhati-hati jangan pernah bertedu dibawah pohon dan baliho karena sangat membahayakan jiwa sebab potensi pohon tumbang dan robohnya baliho sangat mungkin bisa terjadi terus, hal tersebut karena untuk saat ini arah angin bertiup dari Barat dengan kecepatan antara 12 kilometer per jam hingga 40 kilometer per jam dengan suhu rata-rata mencapai 33 derajat Celcius yang terjadi khususnya pada waktu sore hingga malam harinya,\" tutupnya. (529)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: