RM: Mutasi untuk Perbaikan Birokrasi

RM: Mutasi untuk Perbaikan Birokrasi

BENGKULU, BE - Belum puas dengan kinerja para \'pembantunya\', Gubernur Bengkulu, Dr Ridwan Mukti MH, kemarin (22/9), kembali melakukan rotasi dan mutasi terhadap sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Bengkulu.

Dalam mutasi pejabat ke-6 kalinya ini, gubernur yang akrab disapa RM ini pun hampir mengubah total pejabat struktural. Mulai dari kepala dinas (kadis), kepala biro hingga asisten sekretariat daerah (setda). Kemudian 5 pejabat eselon 2 dinonjobkan.

Seperti jabatan Asisten I yang awalnya dijabat oleh Drs Sumardi MM, digantikan oleh Iskandar ZO. Sementara Sumardi menjabat Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan. Begitpun Asisten II juga dirolling, sebelumnya dijabat Iskandar ZO digantikan oleh Drs Sudoto MPd.

Untuk jabatan Asisten III diisi oleh Ediyarsyah SSos, yang sebelumnya menjabat sebagai Biro Pengelolaan Keuangan Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu. Tak hanya itu, untuk jabatan kadis dan kepala badan juga dirolling.

Seperti Ricky Gunawan, yang sebelumnya menjabat Kadis Perkebunan, dirolling menjadi Kadis Pertanian. Evarini yang sebelumnya menjabat sebagai Kadis Pertanian, menggantikan Muslih Zaini sebagai Kepala Badan Ketahanan Pangan. Muslih Zaini pun berpindah jabatan menjadi Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi.

Begitupun dengan Kautsar Agus Hutari yang sebelumnya menjabat sebagai Kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD), dirolling menggantikan Kurnadi Sahab sebagai Kadisnakertrans. Sedangkan Kurnadi Sahab menanti status kepegawaian.

Sepertinya mutasi selanjutnya masih akan dilakukan oleh Gubernur Ridwan Mukti, sebab beberapa jabatan strategis masih dipegang pelaksana tugas (Plt). Dalam mutasi ke-6 ini, setidaknya ada 11 jabatan yang di-Plt-kan sekaligus rangkap jabatan.

Seperti Drs Sudoto MPd masih tetap menjabat sebagai Plt Sekda sekalugus merangkap sebagai Asisten II Setdaprov. Kemudaian, Ir Sabrawati Kepala Bidang Pesisir dan Pulau Kecil pada Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) sekaligus sebagai Plt Kepala DKP Pemprov dan pejabat lain.

Tak hanya itu, pejabat eselon III dan IV juga dilakukan rotasi jabatan. Tak ketinggalan, gubernur juga menonjobkan sebagai 5 pejabat eselon II dan 3 pejabat eselon III. Totalnya, ada 58 pejabat pemprov yang terkena mutasi jabatan. (lihat grafis).

\"Pelantikan pejabat ini tentu akan membawa perbaikan birokrasi yang baru. Diantara pejabat ini tentu, ada yang sudah menunggu pensiun, ada yang belum menjabat,\" ujar RM dalam sabutan pelantikan pejabat Eselon II,III dan III, di Gedung Serbaguna (GSG) Pemprov Bengkulu, kemarin.

Meski dilakukan mutasi pejabat dan fungsional. Dijelaskanya, pejabat yang baru ini tentu tidak akan selamanya. Karena jabatan yang diemban akan dinilai, ketika baik akan dipertahankan, jika tidak akan dirolling kembali.

\"Kalau hari ini belum mendapat jabatan, besok belum tentu tidak mendapatkan jabatan. Asalkan mampu melaksanakan tugas dan amanah diposisinya saat ini,\" tambahnya.

Pejabat harus mempu melakukan kerja tim. Melibatkan semua staf dan semau pegawai yang ada. Selain itu, pejabat juga harus pandai mengambil posisi. Ketika baik diposisi jabatannya, maka harus mampu untuk mempertahankanya, dilihat dari kinerjanya. \"Harus pintar mengambil posisi. Kepandaiannya dimana, lihat dan masuk lalu buktikan,\" ungkap RM

Lelang Jabatan Eselon II Segera Dimulai

Sementara itu, banya pejabat yang telah di Plt-kan. RM mengatakan bahwa telah mendapat petunjuk dari Kementrian Aparatur Sipil Negara (KASN). Dimana, setelah assesment dilakukan, maka sudah boleh untuk melakukan fit and proper test bagi pejabat yang akan ikut lelang jabatan eselon II. \"Sudah ada pentunjuk, fit and proper test bisa cepat dilaksanakan,\" ungkap RM.

Tahapan tersebut bisa dilakukan tanpa harus menunggu PP 18 tetang struktrural jabatan disahkan oleh DPRD. Sehingga ketika disahkan, pejabat terpilih sudah dapat langsung menduduki jabatan baru. \"Hari ini pun sudah bisa lakukan fit and proper test,\" ujarnya.

Masyarakat Menunggu Aksi

Disisi lain, Pengamat Politik Universitas Bengkulu, Drs Azhar Marwan MSi mengatakan, upaya gubernur mengubah birokrasi, biasa dilakukan setiap kepala daerah. Dengan mengganti pejabat, gubernur ingin melihat kinerjanya. Bisa saja lebih baik, namun juga bisa saja lebih buruk. Hal tersebut tergantung dengan pejabat yang telah ditunjuk melalui penilaian tersebut.

\"Menjadi hal biasa. Tentu ada pertimbangan matang untuk melakukannya. Sehingga keputusan mutasi dengan mengubah birokrasi dapat tepat sasaran,\" jelas Azhar.

Azhar mengatakan, memang menjadi tugas gubernur di tahun pertama menjabat untuk mengubah birokrasi. Namun ditahun selanjutnya, gubernur tidak boleh lupa, untuk menunjukkan aksinya melalui kinerja yang baik yang dilakukan pejabat yang telah ditunjuk oleh gubernur tersebut.

\"Ibarat alat musik, gubernur sekarang sedang mengatur nadanya. Tapi jangan hanya ngatur nadanya saja, karena orang ingin mendengarkan lantunan indah nadanya,\" ujarnya.

Bagi pejabat baru yang dilantik, Azhar berpesan, harus pintar dan cerdas dalam menjalankan amanah. Karena masyarakat akan menilai, mana pejabat yang benar-benar berkerja dan mana pejabat yang tidak berkompeten. \"Ini saatnya untuk menjukkan kalau memang amanah tersebut mampu dilakukan. Jika tidak mampu, maka situasi tersebut akan merubah keadaa,\" pungkas Azhar. (151)

Plt ESELON II

1. Ir. Sudoto Asisten Ii Bid. Perekonomian Dan Pembangunan sekaligus Plt Sekda Prov Bkl 2. Ir. Sabrawati Kepala Bidang Pesisir Dan Pulau Kecil DKP sekaligus Plt Kadis Kelautan Dan Perikanan Prov Bkl 3. M. Irsan Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah sekaligus Plt Kepala BKD 4. Ir. Ramlan Kepala Bidang Penyuluhan Bakorluh sekaligus Plt Sekretariat Bakorluh 5. Ir. Rasmawan Sekretaris Dinas Perkebunan sekaligus Plt Kadis Perkebunan 6. Drh. Majestika Ms Kepala Inseminasi Buatan Dinas Peternakan sekaligus Plt Kadis Peternakan 7. H. Amirudin Chino Kepala Bagian Agama Biro Kesra sekaligus Plt Kepala Biro Kesra 8. Muklisin Kepala Bagian Dokumentasi Hukum Biro Hukum sekaligus Plt Kepala Biro Hukum 9. Taufik Adun Kepala Bagian Kas Daerah sekaligus Plt Kepala Biro Keuangan 10. Drs. Hengky Suprianto Kepala Bidang Ekonomi Bappeda sekaligus Plt Kepala Bappeda 11. Drs. Syamsudin Sekretaris Satpol PP sekaligus Plt Kepala Satpol PP

ESELON II 1. Ricky Gunarwan Kepala Dinas Pertanian 2. Evarini Kepala Badan Ketahanan Pangan 3. Muslih Zaini Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi 4. Kautsar Agus Hutari Kadisnakertrans 5. M. Ikhwan Staf Ahli Bidang Hukum 6. Kurnadi Sahab Menanti Status Kepegawaian 7. Ediyarsyah Asisten III Bidang Administrasi 8. Sudoto Asisten II Bidang Pembangunan 9. Iskandar Zo Asisten I Bidang Pemerintah 10. Sumardi Staf Ahli Gubernur Pembangunan

FUNGSIONAL 11. Tarmizi Fungsional Umum Setda Bkl 12. Hasanuddin Fungsional Umum Dokumen Dan Arsip 13. Cik Hasan Den Fungsional Umum Dinsos 14. Ali Paman Fungsional Umum 15. Septemelian Fungsional Umum

ESELON III

1. Afrizal Ba Kabid Pengelolaan Sumber Daya Pesisir & Laut Upt Dkp 2. Sabran Kabid Pesisir Dan Pulau Kecil Dkp 3. Heri Maryadi Kabid Perikanan Tangkap Dkp 4. Narji Usman Kabid Penanggulangan Perikanan Upt Dkp 5. Liliana Kabid Transmigrasi Upt Disnakertrans 6. M. Rizal Sekretaris Disnakertrans 7. Tomi Irawan Kabag Anggaran Keuangan Biro Keuangan 8. Syamsuar Kabag Perencanaan Program Pembangunan Biro Umum 9. Kamelia Kabid Sosial Bappeda 10. Andri Fitri Kepala Sekretariat Bpbd 11. M. Yusuf Kabid Pos Dan Telematika Dishubkominfo

FUNGSIONAL 12. Mukti Fungsional Umum Dinas Kesehatan 13. Wiji Slamet Fungsional Umum Diknas 14. Hamadi Fungsional Umum Bpbd

ESELON IV

1. Juremi Ka Subbag Tu Kantor Perwakilan 2. Yuyun Erwina Kasi Sarana Prasarana Dkp 3. Nini Suryani Ka Sub Tu Biro Administrasi Sda 4. Syamsu Daris Ka Sub Bagian Belanja Langsung Biro Keuangan 5. Beni Kb. Manuhutung Ka. Sub Tu Benih Dinas Pertanian 6. Andri Purwoko Kasi Penelitian Pengembangan Dishubkomifo 7. Agustina Kasi Jasa Pelabuhan Upt Dishubkominfo 8. Nurulhayati Kasi Pelabuhan Dan Perkapalan Dishubkominfo 9. An Winarno Kasi Pengelolaan Sumber Daya Kelautan Dan Pulau Kecil Dkp 10. Sri Herlin Kasi Saranaprasarana Dinas Peternakan 11. Heppy Yunipa Kasi Pengelolaan Pemasaran Dinas Perkebunan 12. Bambang Irawan Kasi Perbenihan Dinas Pertanian 13. M. Sahrir Kasi Lab. Hama Dinas Pertanian 14. M. Hardiansyah Ka. Sub Tu Balai Mutu Benih Upt Dinas Kehutanan 15. Sudiono Kasi Peremajaan Rehabilitasi Perkembangan Dinas Perkebunan 16. Hendra Eka Saputra Kasi Subid Diklat Kepemimpinan 17. Hendri Ferdinand Kasi Industri Olahraga Dispora 18. Atri Yulidayanti Kasub Bid Kemasyarakatan Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: