Pasien Kelas III Gratis

Pasien Kelas III Gratis

\"Ari,

CURUP, BE - Dalam mewujudkan program berobat gratis yang diusung Bupati DR (HC) H Ahmad Hijazi SH MSi dan Wakil Bupati Rejang Lebong, Iqbal Bastari SPd MM, saat ini masyarakat Rejang Lebong yang berobat di RSUD Curup tidak dikenakan biaya sama sekali.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, H Asli Samin, SKep, MKes, mengatakan, mereka yang akan mendapatkan pelayanan gratis adalah warga Rejang Lebong yang dirawat di RSUD Curup di ruang pelayanan kelas III.

\"Semua masyarakat Rejang Lebong yang dirawat di kelas III di setiap rumah sakit yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong akan kita gratiskan tanpa terkecuali, tapi harus di kelas III,\" tegas Asli Samin.

Dalam mewujudkan program berobat gratis tersebut, Asli Samin mengaku saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong bersama sejumlah pihak terkait lainnya tengah menggodok peraturan bupati (Perbup) sebagai landasan hukum dalam melaksanakan program tersebut. \"Dalam waktu dekat ini, Perbup-nya akan ditanda-tangani bupati, sehingga tidak ada masalah lagi dalam menjalan program berobat gratis ini,\" tegas Asli Samin.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dalam mensukseskan program berobat gratis tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong telah menganggarkan dana sebesar Rp 2,5 miliar yang diajukan dalam APBD Perubahan tahun 2016 ini.

Sementara itu, terkait dengan peralihan dari Jamkesda ke BPJS Kesehatan. Menurut Asli Samin, saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong tengah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Rejang Lebong untuk melakukan pendataan masyarakat yang memang layak menjadi peserta BPJS Kesehatan yang dibayarkan oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.

\"Kita akan melakukan pendataan terlebih dahulu, untuk memastikan bahwa mereka yang akan kita bayarkan iuran BPJS Kesehatannya tersebut benar-benar layak,\" terang Asli Samin.

Oleh karena itu, menurut Asli Samin, sebelum menjadi peserta BPJS Kesehatan masyarakat kurang mampu di Kabupaten Rejang Lebong akan dilayani melalui program berobat gratis atau Jamkesda terlebih dahulu. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: