Liga Santri Nusantara Bengkulu Dimulai

Liga Santri Nusantara Bengkulu Dimulai

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Liga Santri Nusantara (LSN) hari ini, Selasa (20/09/2016) resmi dimulai. Sebanyak 14 pesantren se Provinsi Bengkulu bertarung dalam ajang sepakbola tersebut. LSN dibuka oleh Plt Kadispora Merisasdi yang mewakili Gubernur Bengkulu di Stadion Semarak Sawah Lebar Kota Bengkulu, Selasa (20/09/2016).

Dalam sambutannya, Plt Kadispora Provinsi Bengkulu Merisasdi mengatakan, pemprov Bengkulu sangat mendukung adanya liga santri perdana di Provinsi Bengkulu ini.

\"Oleh karena itu, Pemprov memberikan suguhan piala bergilir Gubernur Bengkulu. Liga Santri ini juga Sebagai wahana kaderisasi sepak bola,\" ujarnya.

Sementara itu, Muhammad Kusnain dari Panitia LSN Nasional menyebutkan santri merupakan salah satu potensi yang saat ini digarap oleh pemerintah untuk memperbaiki prestasi olahraga. Sebab, terhitung, ada sekitar sekitar 7 juta jiwa santri baik santri mondok maupun santri ngalong.

\"Dari sekian banyak santri tersebut, tidak sedikit yang suka bermain bola. Dengan itulah santri didorong untu berparitisipasi dalam oahraga,\" ujar Bung Kus sapaan akrabnya. Lanjutnya, santri diharapkan bukan sekedar beprestasi tapi juga berakhlak. Karena salah satu masalah sepak bola di Indonesia adalah masalah ahlak atau moralitas.

\"Moralitas pemain sepak bola cenderun menurun. Seperti banyak pemain yang menyerang pemain lain, menyerang wasit. Mereka saling pukul. Itu yang coba kita reduksi melalui liga santri,\" harapnya.

LSN Bengkulu ini, selain memperebutkan piala Gubernur Bengkulu, pemenang juga akan bertanding melawan santri dari Sumatera Barat yang sama - sama berada di zona enam. Kemudian pemenang dari zona enam ini akan bertanding dalam LSN Nasional. (Dil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: