Sekda Wacanakan PNS Jadi Pendonor Darah

Sekda Wacanakan PNS Jadi Pendonor Darah

 CURUP, BE - Untuk menjawab kekurangan stok darah yang kerap terjadi di Palang Merah Indonesia (PMI) Rejang Lebong, Pemerintah Daerah berencana akan menjadikan pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Rejang Lebong menjadi pendonor darah di PMI Rejang Lebong

\"Kita akan wacanakan agar PNS yang ada di Rejang Lebong ini bisa menjadi pendonor tetap, minimal satu kali dalam satu tahun,\" ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rejang Lebong, R A Denni SH MM, usai membuka musyawarah kabupaten (Muskab) PMI Cabang Rejang Lebong di Hotel Kaba Curup, Senin (19/9) kemarin.

Bahkan menurut Sekda, dalam mewujudkan program tersebut, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong akan merancang peraturan bupati (Perbub) mengenai ajakan bagi PNS untuk melaksanakan donor darah minimal satu kali satu tahun.

\"Untuk Perbup supaya PNS mau mendonorkan darah, saat ini kita siapkan, dan mudah-mudahan tahun 2017 nanti sudah bisa kita realisasikan,\" tambah Sekda.

Di sisi lain, terkait dengan dana operasional untuk PMI Rejang Lebong sendiri, menurut Sekda untuk tahun 2016 ini sudah disiapkan dana sebesar Rp 100 juta dari APBD Rejang Lebong melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong.

Sedangkan untuk tahun 2017 mendatang, Sekda menargetkan akan dilakukan penambahan dana untuk operasional PMI Rejang Lebong. Namun menurutnya adanya penambahan dana ini akan disesuaikan terlebih dahulu dengan program-program yang akan diusung kepengurusan terpilih ini.

\"Untuk dana kita siap untuk melakukan penambahan, namun tentunya kita akan lihat dulu program-program yang disusun oleh kepengurusan baru ini,\" jelas Sekda.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda juga berpesan kepada relawan PMI Rejang Lebong tidak hanya fokus dalam menangani bencana alam saja. Namun diharapkan juga ikut serta untuk mengawasi anak-anak Rejang Lebong dari pergaulan bebas, karena menurutnya dampak dari pergaulan bebas tersebut sangatlah luas, bahkan dampaknya lebih luas dari bencana alam.

\"Kita juga berharap agar PMI ikut serta dalam menangani masalah kenakalan remaja, karena masalah ini bila dibiarkan maka akan menjadi bencana yang cukup besar,\" tegasnya.

Dalam kegiatan pembukaan Muskab PMI Rejang Lebong yang dihadiri Ketua TP PKK Rejang Lebong tersebut, juga dilakukan kegiatan pemotongan tumpeng untuk memperingati hari jadi PMI yang ke-71.

Di sisi lain, setelah dilakukan Musda, maka terpilih sebagai Ketua PMI Rejang Lebong adalah Hendra Wahyudiansyah SH. Hendra terpilih secara aklamasi karena dalam pelaksanaan Muskab tersebut ia merupakan calon tunggal. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: