Jangan Gunakan Peserta Luar

Jangan Gunakan Peserta Luar

CURUP, BE - Dalam pelaksanaan Gebyar Muharram yang akan dilaksanakan Pemkab Rejang Lebong mulai tanggal 3 Oktober nanti, Wakil Bupati Rejang Lebong, Iqbal Bastari SPd MM mengingatkan untuk masing-masing kecamatan untuk tidak menggunakan peserta dari luar Rejang Lebong. \"Saya ingatkan jangan sampai mengambil peserta dari luar daerah,\" tegas Wabup saat membuka rapat persiapan Gebyar Muharram di ruang Pola Pemkab Rejang Lebong, Senin (19/9) kemarin.

Dijelaskan Wabup, kegiatan tahunan tersebut merupakan ajang untuk menggali potensi putra-putri terbaik Rejang Lebong. Namun bila ada kecamatan yang menggunakan peserta dari luar Rejang Lebong, maka menurut Wabup, kapan lagi kesempatan tersebut diberikan kepada putra-putri terbaik Rejang Lebong.

\"Apapun hasilnya itulah yang terbaik, jadi jangan sampai nanti mengambil peserta dari luar, karena hanya ingin menjadi yang terbaik,\" tegas Wabup.

Ditegaskan Wabup, bila nanti masih ada kecamatan yang pesertanya mengambil dari luar Rejang Lebong maka akan langsung didiskualifikasi. Oleh karena itu, Wabup mengingatkan bila ada kecamatan yang sudah mencari peserta dari luar Rejang Lebong untuk segera membatalkannya.

Di sisi lain, Kabag Kesra Sekretariat Kabupaten Rejang Lebong, Salahuddin menjelaskan pelaksanaan rangkaian kegiatan festival Muharram tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana untuk tahun ini rangkaiannya dimulai di tingkat kecamatan, kemudian baru dilanjutkan ke tingkat kabupaten.

Untuk tingkat kecamatan-kecamatan akan dilaksanakan mulai tanggal 3 hingga 8 Oktober 2016. Sedangkan untuk tingkat kabupaten akan dimulai dari tanggal 10 hingga 16 Oktober 2016.

\"Dengan adanya penjaringan langsung dari tingkat kecamatan ini kita berharap tidak ada lagi istilah peserta bayaran,\" jelas Salahudin.

Karena menurut Salahudin dengan dipilihnya langsung peserta dari setiap kecamatan tersebut, bisa menutup peluang peserta dari luar kecamatan. Dipaparkan Salahudin, peserta yang memenangi di tingkat kecamatan tersebut maka secara otomatis akan mewakili kecamatan tersebut ke tingkat kabupaten.

Untuk jenis-jenis perlombaan sendiri, menurut Salahudin masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya seperti tilawah, hafiz, tartil, sarafal anam, nasyid, azan hingga Pildacil. Dalam kesempatan tersebut ia juga menjelaskan, pada pembukaan tingkat kabupaten nanti akan dimulai dengan kegiatan pawai taaruf dengan pesertanya baik menggunakan mobil hias maupun jalan kaki.

\"Setelah pawai taaruf kemudian dilanjutkan dengan tablikh akbar di Lapangan Setia Negara Curup dengan penceramahnya Ustadz Guntur Bumi,\" akhir Salahudin. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: