Realisasi Rastra Baru 64,89 %

Realisasi Rastra Baru 64,89 %

CURUP, BE - Realisasi beras bantuan masyarakat pra sejahtera (Rastra) atau yang dulunya Raskin di Kabupaten Rejang Lebong baru sebanyak 64,89 persen dari pagu per tahun sebanyak 3.512 ton. Padahal menurut Kepala Bulog Sub Divre Rejang Lebong, Zulkifli seharusnya saat ini sudah mencapai 70 persen.

\"Bila melihat dari masing-masing pagu yang dimiliki, seharusnya pada bulan September ini masing-masing penyaluran ditiga Kabupaten yang berada diwilayah kerja kita yaitu Kepahiang, Lebong dan Rejang Lebong minimal 70 persen,\" ungkap Zulkifli.

Bahkan menurut Zulkifli untuk dua kabupaten lainnya realisasinya masih jauh lebih rendah dibandingkan dengan Rejang Lebong. Untuk Kabupaten Lebong baru terealisasi sebesar 63,44 persen dari pagu satu tahunnya sebanyak 1.226 ton dan Kabupaten Kepahiang baru terealisasi sebanyak 58,61 persen dari pagu satu tahun sebanyak 1.57o ton.

Dijelaskan Zulkifli, Rastra yang merupakan program dari pemerintah pusat ini dengan sasaran masyarakat kurang mampu yang disebut sebagai rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTS-PM). Untuk Rejang Lebong ini sendiri tersebar di 152 desa dan kelurahan yang ada di Rejang Lebong dengan jumlahnya mencapai 19.514 kepala keluarga.

Sementara itu, untuk data setiap kecamatan yang ada di Rejang Lebong, hingga kemarin masih ada lima kecamatan yang realisasinya masih terbilang rendah seperti Kecamatan Selupu Rejang yang baru merealisasikan sebanya 186,6 ton dari pagu satu tahun yang mereka terima sebanyak 378,3 ton atau belum mencapai 50 persen. Kemudian disusul Kecamatan Binduriang yang baru melakukan penebusan sebanyak 84,7 ton dari pagu yang mereka terima sebanyak 157,3 ton.

Selanjunya Kecamatan Sindang Dataran yang baru melakukan penebusan sebanyak 106,8 ton dari pagu yang mereka terima tahun 2016 ini sebanyak 197,2 ton. Kemudian Kecamatan Bermani Ulu yang sudah melakukan penebusan sebanyak 132 ton dari pagu yang mereka terima sebanyak 236,1 ton. Realisasi rendah yang terakhir dilakukan pleh Kecamatan Bermani Ulu Raya yang baru merealisasinya sebanyak 118,6 ton dari pagu yang mereka terima sebanyak 198 ton.

\"Selain lima kecamatan tersebut, atau 10 kecamatan lainnya realisasinya sudah cukup tinggi bahkan ada sudah mencapai 75 persen seperti Kecamatan Curup, Curup Tengah, Sindang Beliti Ilir dan Kota Padang,\" jelas Zul.

Dengan melihat realisasi Rastra di Kabupaten Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang, Zulkifli berharap agar masing-masing desa dan kelurahan ataupun kecamatan untuk segera melakukan penebusa. Sehingga Rastra tersebut bisa dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkannya. Rastra ini sendiri diterima RTS-PM setiap bulannya sebanyak 15 Kg dengan harga setiap Kg sebesar Rp 1.600.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: