PMJB Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk

PMJB Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk

\"WAYANG\"

SELUMA TIMUR, BE- Paguyuban Masyarakat Jawa Bengkulu (PMJB) kabupaten Seluma menggelar pagelaran wayang kulit semalam suntuk. Pagelaran wayang dalam rangka malam 1 suro atau 1 muharam yang jatuh pada tanggal Sabtu malam (1/10). Pelaksanaan ini sendiri akan dilaksanakan di Kelurahan Rimbo Kedui.

“Kegiatan ini dalam rangka mempererat silahturahmi antara anggota, pengurus PMJB di kabupaten Seluma dan seluru masyarat Bengkulu,” terang ketua pelaksana wayang kulit Kompol Ely Effendy, kemarin.

Dikatakannya, selain mempererat silahturahmi, kegiatan wayang kulit semalam suntuk ini juga dimaksudkan untuk melestarikan budaya Jawa di Indonesia. Disamping itu makna-makna yang tekandung dalam cerita yang ada di wayang kulit banyak mengandung makna filosofi, ajaran-ajaran budi pekerti dan kebathinan. Hal ini selaras dengan tujuan PMJB, untuk ikut berkontribusi dalam membangun kerukunan dan Kabupaten Seluma. “Ini bagian dari pelestarian budaya serta sebagai media sosialisasi dalam pengembangan kepribadian dan peradaban,”ujarnya.

Pagelaran ini nantinya juga digratiskan kepada semua masyarakat di kabupaten Seluma, yang ingin menyaksikan kesenian masyarakat Jawa ini. Tak hanya itu, kegiatan ini nanti juga akan dibuka langsung oleh bupati Seluma dan wakil bupati seluma. “Untuk serangkaian acara masih dalam penyusunan termasuk menentukan lakon yang akan diperankan dalam pagelaran tersebut,”ujarnya.

Namun untuk dalang sendiri akan mendatangkan dalang dari Bengkulu Utara Sularno. Disampaikan untuk sementara lakon dalam pagelaran masih harus dipersiapkan matang. Termasuk saat ini akan dirapatkan kembali secara bersama. “Siapapun itu boleh menghadiri acara ini. Kegiatan ini untuk mempererat tali silaturrahmi masyarakat Jawa tanpa terkecuali,”imbuhnya singkat.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: