Bupati Minta Desa Dirikan BUMDes

Bupati Minta Desa Dirikan BUMDes

\"Hijazi\"

CURUP, BE - Untuk membangun ekonomi masyarakat di tingkat desa yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, Bupati Rejang Lebong, DR (HC) H A Hijazi SH MSi, meminta seluruh desa di Kabupaten Rejang Lebong untuk mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

\"Kepada seluruh Kades, saya minta untuk mendirikan BUMDes untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,\" pinta bupati.

Dijelaskan bupati, untuk membangunan BUMDes tersebut, bupati meminta agar para Kades bisa menyisihkan sebagian dari dana desa yang diterima desa setiap tahunnya dari pemerintah pusat. Karena menurut bupati, dengan dibangunnya BUMDes ini bisa mewujudkan masyarakat Rejang Lebong yang sejahtera yaitu sesuai dengan visi dan misinya yakni membangun Rejang Lebong sejahtera.

Lebih lanjut bupati mengungkapkan, dalam membangun BUMDes ini, bupati meminta agar Kades yang ada bisa menggali terlebih dahulu potensi yang ada di masing-masing desa. Karena menurut bupati, bisa saja potensi yang akan dikembangkan di setiap desanya berbeda antara satu desa dengan desa lainnya. Selain itu, dengan menggali potensi terlebih dahulu maka peluang BUMDes tersebut untuk maju sangat besar.

\"BUMDes yang dibangun harus sesuai dengan potensi masing-masing desa, sehingga bisa berkembang sesuai dengan yang kita harapkan,\" harap bupati.

Dijelaskan bupati, dalam pengelolaan dana desa, Kades maupun perangkat desa harus mempelajari dan memahami prosedur dan mekanismenya agar tidak terjadi masalah kedepannya nanti, dana desa merupakan dana untuk membangun masyarakat, kita hanya berhak mengelolanya bukan memilikinya, untuk itu hati-hati dalam mengelola dana tersebut.

Di sisi lain, bupati juga mengingatkan kepada Kades yang ingin mengganti perangkat desa nantinya harus disampaikan ke bupati terlebih dahulu, karena menurutnya, perangkat desa yang akan diangkat nantinya akan dilihat kualitasnya, kemampuannya dalam pemerintahan, agar dalam pengangkatan nantinya perangkat desa yang diangkat bukan atas dasar kedekatan semata.

\"Perangkat desa yang diangkat harus sesuai dengan kualitas, bukan karena kedekatan karena dalam membangun Rejang Lebong ini kita harus utamakan kualitas,\" tegas bupati.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: