Bengkulu-Krui-Lampung Diterbangi Pesawat

Bengkulu-Krui-Lampung  Diterbangi Pesawat

BENGKULU, BE - Rute penerbangan pesawat perintis di Provinsi Bengkulu resmi bertambah. Kementerian Perhubungan mengeluarkan surat keputusan perihal beroperasinya rute Bengkulu- Krui- dan Lampung. Rute mulai efektif beroperasi pada akhir Januari 2013 ini. Kepala Bandara Fatmawati Soekarno H. Syamsul Banri SE mengemukakan hal tersebut, kemarin (17/1).

\"Untuk uji awal penerbangan selama satu minggu hanya satu hari saja dengan pesawat berkapasitas penumpang antara 17-20 orang,\'\' ujar Syamsul.

Ditambahkannya, harga tiket diperkirakan antara Rp 200 - 300 ribu per orang. Harga ini sudah disubsidi oleh pemerintah pusat yang dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Hanya saja Syamsul Banri belum memastikan maskapai apa yang akan melayani rute tersebut. Sebab masih proses tender.

\"Berkaca pada tender Bengkulu-Muoro Bungo -Jambi yang sudah beroperasi sejak Februari 2012, diperkirakan lebih dari tujuh perrusahaan yang akan mengikuti tender,\" pungkasnya.

Penambahan rute jenis perintis ini untuk mengantisipasi meningkatnya mobilitas penduduk Bengkulu dengan memberikan alternatif angkutan yang lebih cepat, nyaman dan tanpa mengabaikan sisi keselamatan penumpang.

\"Maskapai perintis itu walau dari pesawat jenis kecil, tetapi standar keamanannya sudah standar internasional,\" ujar Syamsul. Selain memberikan alternatif angkutan penambahan rute Bengkulu - Krui - Lampung, juga akan berdampak pada peningkatan jasa layanan penitipan. Sebab banyak produk yang membutuhkan pengiriman secara cepat baik berupa dokumen maupun produk olahan hasil pertanian dan kelautan dari Bengkulu menuju Lampung dan sebaliknya.

Di sisi lain pihak Bandara fatmawati juga masih menunggu persetujuan dari Kementrerian Perhubungan untuk Rute Bengkulu - Lubuk Linggau- Palembang dan rute Bengkulu - Mukomuko - Padang. (cik5)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: