Merpati Incar Pendapatan Rp 4 T

Merpati Incar Pendapatan Rp 4 T

JAKARTA, BE - PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) menargetkan bisa meraup pendapatan usaha sebesar Rp 4 triliun sepanjang tahun 2013. Jumlah tersebut berarti meningkat 11 persen dari prognosa pendapatan tahun lalu yang sebesar Rp 3,6 triliun.

Direktur Operasional Merpati Nusantara Airlines (MNA), Asep Eka Nugraha mengatakan, sepanjang tahun 2013 ini, Merpati optimistis mampu menerbangkan 1,73 juta penumpang, atau naik 13 persen dibandingkan jumlah penumpang tahun lalu yang mencapai 1,5 juta penumpang,\"Jumlah penumpang naik itu dipicu oleh faktor penambahan rute penerbangan,\" ujarnya.

Dari estimasi jumlah penumpang yang bisa diangkut tersebut, pihaknya menargetkan bisa meraup pendapatan hingga Rp 4 triliun. Sementara perolehan laba bersih diperkirakan sebesar Rp 300 miliar pada tahun ini,\"Kita yakin itu bisa terealisasi kalau penambahan jumlah penumpang berjalan sesuai target, pemasukannya tentu cukup besar,\" sebutnya.

Sebagian pendapatan akan dialokasikan untuk merestrukturisasi utang Merpati yang mencapai Rp5 triliun. Rencananya, sekitar 50 persen utang atau Rp 2,5 triliun ke beberapa bank itu akan dilunasi tahun ini. Sementara sisa utang senilai Rp2,5 triliun baru akan dibayar pada 2016 dengan menggunakan metode pengalihan utang menjadi saham (debt to equity swap).

Sementara itu, Corporate Secretary Merpati Herry Saptanto mengatakan, salah satu program untuk menggaet penumpang di tahun 2012 adalah dengan menawarkan tiket murah. Menyambut hari Kasih Sayang nanti, Merpati meluncurkan program valentine fare,\"Kami memberikan harga tiket yang istimewa dengan tarif special mulai dari Rp 199 ribu, untuk penerbangan dari tanggal 1 hingga 28 Februari,\" paparnya.

Lebih lanjut Herry menambahkan, meskipun program Valentine Fare berlaku untuk penerbangan pada bulan Februari, namun harga promosi bisa didapat bila calon penumpang membeli tiketnya mulai tanggal 7 hingga 21 Januari 2013,\"Bisa juga membeli melalui ATM (anjungan tunai mandiri), credit card, debit card atau internet banking,\"terangnya

Program Valentine Rate yang menggunakan pesawat Boeing terdiri dari 27 rute, sementara rute yang menggunakan pesawat MA 60 terdiri dari 36 rute,\"Kursi promo yang dijual untuk yang menggunakan pesawat boeing sebanyak 16.657 kursi. Sementara yang menggunakan pesawat MA 60 terdiri dari 36 rute dengan alokasi kursi sebanyak 5000-an kursi,\" tuturnya.

Merpati menawarkan rute-rute padat dalam program ini antara lain Surabaya-Denpasar pulang pergi (PP), Cengkareng-Surabaya (PP), Jayapura-Biak (PP), Bandung-Surabaya, (PP), Cengkareng-Denpasar (PP), Biak-Ujung Pandang (PP), Ujung Pandang-Timika (PP) serta rute lainnya,\"Ini akan sangat membantu bagi yang ingin bepergian bulan depan,\" jelasnya. (wir)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: