Guru Menumpuk di Kota Curup

Guru Menumpuk  di Kota Curup

\"Guru\"

CURUP, BE - Untuk mendukung program Bupati Rejang Lebong yang akan menjadikan Rejang Lebong sebagai Kota Pendidikan, Dinas Pendidikan Kabupaten Rejang Lebong akan segera melakukan pemerataan guru di Kabupaten Rejang Lebong. Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Rejang Lebong, Zakaria Efendi MPd, pemerataan guru ini terutama untuk wilayah yang ada di luar Kota Curup. Karena menurut Zakaria, selama ini sebagian besar guru dari tingkat SD hingga SMA menumpuk di sekolah yang ada di kawasan Kota Curup.

\"Selama ini memang guru-guru banyak yang menumpuk di Kota Curup ini, sehingga akan segera kita lakukan pemerataan untuk mengisi kekurangan guru di beberapa kecamatan yang kekurangan guru,\" jelas Zakaria.

Masih menurut Zakaria langkah lain yang bisa dilakukan untuk mengisi kekurangan guru di Kabupaten Rejang Lebong. Dinas Pendidikan Kabupaten Rejang Lebong mempersilahkan bagi sekolah-sekolah yang kekurangan guru untuk merekrut guru honorer dengan catatan biayanya ditanggung oleh pihak sekolah.

Disisi lain Zakaria juga mengungkapkan dalam memenuhi kebutuhan guru di Kabupaten Rejang Lebong. Dinas Pendidikan Kabupaten Rejang Lebong setiap tahunnya selalu mengajukan penambahan guru ke pemerintah pusat melalui Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong. Hanya saja kuota yang diberikan tidak pernah sesuai dengan kebutuhan yang di Rejang Lebong.

\"Kita selalu kekurangan guru, karena kuota penambahan yang kita terima tidak sebanding dengan jumlah guru yang pensiun, pindah termasuk meninggal dunia,\" terang Zakaria.

Sementara itu, Kabid Perencanaan Dinas Pendidikan Kabupaten Rejang Lebong, Dedi Warsito SIP mengungkapkan saat ini jumlah guru di Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 3.692 orang dengan rincian guru SD sebanyak 2.007 orang. Kemudian guru SMP sebanyak 888 orang dan guru SMA sebanyak 348 orang.

\"Ke-3.692 guru yang kita miliki ini baik yang mengajar di sekolah negeri maupun swasta yang ada di Rejang Lebong ini,\" aku Dedi.

Lebih lanjut Dedi menjelaskan sebanyak 3.692 guru yang ada di Rejang Lebong tersebut mengajar di 182 SD baik negeri maupun swasta. Kemudian ditingkat 96 SMP negeri dan Swasta serta 30 SMA negeri dan swasta dan 13 SMK negeri dan swasta.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: