PDAM Bangun Jaringan untuk 7 Desa

PDAM Bangun Jaringan untuk 7 Desa

 \"Direktur CURUP, BE- Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Dharma Kabupaten Rejang Lebong terus memperluas jaringannya untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Rejang Lebong. Salah satu yang saat ini tengah dilakukan yaitu membangun jaringan air bersih untuk 7 desa yang ada di Kecamatan Sindang Beliti Ulu.

Menurut Direktur PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong, Hazairin SE MM, tujuh desa yang saat ini tengah dibangun jaringan PDAM tersebut adalah Desa Lawang Agung, Lubuk Alai, Karang Pinang, Pengembang, Tanjung Agung, Jabi dan Tanjung Heran.

\"Saat ini pembangunannya sudah mencapai 80 persen, atau tinggal dua desa lagi jaringannya belum terpasang yaitu Desa Jabi dan Tanjung Heran,\" ungkap Hazairin.

Hazairin menargetkan, pembangunan jaringan baru PDAM yang akan menggunakan sumber air tanah tersebut ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2016 ini. Sehingga menurut Hazairin pada tahun 2017 mendatang sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang ada di 7 desa yang ada di Kecamatan Sindang Beliti Ulu.

\"Selain membangun jaringan yaitu penanaman pipa saat ini juga tengah dalam proses pembangunan yaitu bak penampung dan Broncaptering atau Bangunan Penangkap Mata Air,\" jelas Hazairin.

Dijelskan Hazairin, pembangunan jaringan PDAM baru di kawasan Kecamatan Sindang Beliti Ulu ini bisa menghasilkan air sebanyak 30 liter per detik dan mampu menyuplai untuk pelanggan sebanyak 2.400 di tujuh desa tersebut.

Diungkapkan Hazairini, dengan selesainya pembangunan jaringan PDAM di kecamatan Sindang Beliti Ulu ini, maka tinggal dua kecamatan lagi di Kabupaten Rejang Lebong yang belum dibangun jaringan PDAM yaitu Kecamatan Sindang Beliti Ilir dan Sindang Dataran.

\"Untuk Sindang Beliti Ilir akan dilakukan pembangunan setelah selesainya yang di Sindang Beliti Ulu, saat ini yang masih menjadi kendala adalah Kecamatan Sindang Dataran,\" papar Hazairin.

Kendala untuk Kecamatan Sindang Dataran yang dimaksud Hazairin adalah karena pemukiman warga ada di atas sumber air. Sehingga bila ingin membangun jaringan PDAM tentunya harus menggunakan pompa sehingga akan memerlukan dana yang lebih untuk membangun jaringan PDAM.

Disisi lain, Hazairin juga mengaku pada tahun 2016 ini, selain membangun jaringan di 7 desa yang ada di Kecamatan Sindang Beliti Ulu. PDAM Rejang Lebong juga membangunan jaringan di kawasan kumuh yang ada di Kota Curup yaitu ada didua titik masing-masing dari Desa Teladan menuju Desa Rimbo Recap Kecamatan Curup Selatan dan Dari Kelurahan Talang Rimbo menuju Pasar Atas Kecamatan Curup Tengah. \"Penanaman pipa di kawasan kumuh ini, yaitu karena selama ini kawasan tersebut belum terlewati oleh jaringan pipa kita,\" akhir Hazairin.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: