Banjir, Warga Minta Drainase

Banjir, Warga Minta Drainase

TETAP, BE - Jalan Kabupaten Kaur di Desa Kepayang Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur selalu jadi langganan banjir saat hujan deras mengguyur. Air bahkan sering masuk ke rumah-rumah penduduk ketika daerah itu dilanda hujan. Untuk mengatasi hal ini, warga setempat minta pemerintah membangun drainase di jalan tersebut.

“Kami berharap drainase jalan desa kami ini dapat dibangun. Air hujan dapat dialirkan dan tidak masuk ke dalam rumah jika ada drainase. Saat ini hampir setiap hari hujan deras, air masuk dan merendam rumah warga,” kata Kepala Desa (Kades) Kepayang Ismal kepada BE, Kamis (1/9) kemarin.

Dikatakan Kades, langganan banjir ini sudah terjadi sekitar lima tahun lebih karena drainasenya buruk. Untuk itu, ia meminta pemerintah supaya segera membangun drainase itu agar wilayah bebas dari ancaman banjir. Sebab setiap kali hujan deras turun, air tidak tempat air mengalir dan meluap ke badan jalan karena drainasenya tidak ada. Kadang-kadang air juga masuk ke rumah-rumah penduduk membuat warga resah.

“Kalau biasanya ketinggian air di daerah itu mencapai hampir setinggi satu meter jika hujan deras mengguyur,” ujarnya.

Ditambahkan Kades, ia sudah mengusulkan pembangunan drainase jalan. Namun sampai saat ini belum ada tindak lanjutnya, tetapi ia berharap dalam waktu dekat ini drainase bisa dibangun. Sehingga desa tersebut tidak lagi langgan banjir saat hujan tiba.

“Untuk proposal yang sudah mengajukan ke Pemda tetapi belum ada tanggapan, dan kita berharap dalam waktu dekat ini permintaan kita dipenuhi,” harapnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: