Berobat, Warga Jalan Kaki 12 Km

Berobat, Warga Jalan Kaki 12 Km

\"obat

AIR PERIUKAN, BE - Fasilitas jalan di Desa Talang Sebaris Kecamatan Air Periukan sangat buruk. Jalan itu kini masih jalan setapak berupa tanah. Dampaknya warga kesulitan membawa hasil pertanian dan bila sakit harus berjalan sejauh 12 Km untuk bisa sampai ke pusat kesehatan masyarakat terdekat. Karena di desa pedalaman itu tidak ada fasilitas puskesmas maupun pos kesehatan desa (poskesdes).

Hal ini disampaikan oleh Anggota DPRD Seluma H Suhandi SSos. Ia mengharapkan kualitas jalan tersebut ditingkatkan.

“Karena jalan itu akses sentra produksi pertanian, serta digunakan untuk mengangkut hasil tani. Kami meminta jalan itu diperbaiki dan ditingkatkan agar layak dilalui kendaraan bermotor,” tegasnya.

Selain itu, anggota DPRD Seluma untuk Desa Talang Sebaris sendiri ini juga menyoroti, di desa itu sampai saat ini belum ada fasilitas kesehatan baik pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) maupun pusat kesehatan desa (puskesdes). Masyarakat di daerah pedalaman tersebut harus berjalan sekitar 12 Km ke kecamatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan bila sakit. Termasuk peningkatan sarana pendidikan di desa itu juga perlu dilakukan.

“Sampai sekarang kondisi jalannya masih berlumpur serta berbatu. Sulit dilalui kendaraan biasa. Masyarakat masih susah untuk berinteraksi keluar. Saat ini masyarakat di Desa Talang Sebaris justru susah mendapatkan pelayanan kesehatan,” ujarnya

Sementara untuk Desa Padang Capo Ilir, Kecamatan Lubuk Sandi memang sudah diberikan kendaraan operasional desa, namun kendaraannya tidak sesuai dengan kondisi jalan. Jalan menuju Padang Capo masih rusak parah. Bahkan tidak bisa dijangkau oleh kendaraan biasa, harus kendaraan ekstra.

Atas kondisi itu, Suhandi meminta Pemkab Seluma memperhatikan dan mengarahkan pembangunannya untuk masyarakat di desa pedalaman terlebih dahulu. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: