Pertahankan Rasa Nasionalisme

Pertahankan Rasa Nasionalisme

BENGKULU, BE - Walikota Bengkulu Helmi Hasan SE yang diwakili oleh Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan Ir Yenita Syaiful MSi berpesan, sebagai bentuk menghargai pahlawan, pelajar sebagai penerus bangsa harus bisa mempertahankan rasa nasionalisme. Sebab, saat ini banyak remaja khususnya pelajar salah dalam pergaulan, sehingga tingkah lakunya tidak mencerminkan orang timur.

Rasa nasionalisme harus terus dipertahankan, karena saat ini yang terjadi, rasa nasionalisme sudah mulai kendor terhadap generasi pelajar ini. Padahal, saat Indonesia belum merdeka, para pelajar susah untuk menempuh pendidikan. \"Seperti lagu Indonesia Raya, masih banyak ditemukan tidak serius untuk menyanyikan. Jika kita hayati secara mendalam, banyak makna yang terpendam di dalam nilai lagu tersebut. Ini harus menjadi catatan penting untuk kita bersama sehingga rasa nasionalisme kita itu tetap ada,\" ujar Yenita, dalam sambutan penyerahan hadiah pemenang Karnaval Kemerdekaan sekaligus Seminar Kebangsaan di Aula Balai Prajurit Korem 041/Gamas Bengkulu, kemarin (31/8).

Selain itu, ia mengimbau pelajar harus keluar dari pengaruh negatif dari semua sisi karena dalam kemajuan zaman saat ini, pengaruh negatif sangat mengancam generasi bangsa. \"Kita lihat sudah banyak terjadi, dimana akibat dari pergaulan bebas, pelajar menjadi putus sekolah. Efeknya terjadilah pernikahan dini,\" tambah Yenita.

Direktur Bengkulu Ekspress Media Group (BEMG), Sukatno MSi dalam kesempatan itu juga menyampaikan, pengaruh asing atas nilai negatif sangat mudah didapatkan. Untuk itu diperlukan pengawasan secara optimal kepada para generasi bangsa, terkhusus pelajar. \"Kalau melihat kondisi saat ini, kita sangat prihatin, pengaruh barat atas informasi tidak baik sangat mudah didapatkan. Ini harus menjadi perhatian bersama,\" ujar Sukatno.

Jika melihat secara keseluruhan, kata dia, masih banyak ditemukan anak-anak yang suka ngelem dan mengkonsumsi obat batuk cair secara berlebihan. Padahal secara medis, aktifitas kebanyakaan anak-anak ini sangat tidak baik untuk dilakukan. Baik untuk kesehatan maupun car pikiran anak-anak.

\"Saya pernah pergi ke RSJKO, disitu saya pernah menemukan anak-anak yang sudah kecanduan Komix dan hasilnya menimbulkan stres tinggi. Jangan sampai ini terjadi dengan anak-anak kita. Untuk itu semua harus terlibat dalam melakukan pencegahan,\" tambahnya.

Disisi lain, Sukatno juga menuturkan, Karnaval Kemerdekaan yang telah berjalan sukses dengan seribu perserta dan diikuti oleh 50 sekolah di Kota Bengkulu ini, harus terus dipertahankan. Ketika hal ini terus dilakukan, maka upaya penanaman nilai kebangsaan terhadap generasi penerus bangsa akan terus terjaga dengan baik.

\"Terimakasih atas semua kerjasamanya kepada semua pihak, sehingga acara dapat berjalan lancar. Mudah-mudahan ini tidak berhenti sampai di sini untuk anak generasi bangsa kita,\" tutup Sukatno.

Kasiter Korem 041/Gamas Bengkulu Letkol Caj Drs M Adam mengatakan yang lebih mengancam generasi bangsa ini atas peredaran narkoba. Hal ini, jika tidak ada penanaman atas nilai karakter bangsa, maka akan mudah untuk tergoyahkan. \"Darurat narkoba ini jangan sampai meracuni anak-anak kita. Upaya pencegahan ini harus kita lakukan secara bersama-sama,\" ungkap Adam.

Tak hanya itu, kesehatan dan rajin belajar juga harus dilakukan. Ketika hal ini terus dapat dijaga, harapan bangsa untuk maju akan mampu untuk digapai. \"Kita tingkatkan generasi yang sehat, olahraga yang cukup, rajin belajar dan berdoa. Insyallah akan menjadi generasi bangsa yang handal,\" ujarnya.

Di akhir acara, puluhan pemenang lomba Karnaval Kemerdekaan yang diselenggarakan oleh Bengkulu Ekspress, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu, dan Korem Gamas Bengkulu, secara resmi menerima hadiah dan penghargaan. Pemberian hadiah ini sebagai bentuk apresiasi kepada pelajar yang telah menampilkan kreasi terbaik, pada tanggal 21 Agustus lalu, dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia ke-71. Seminar sekaligus penyerahan hadiah karnaval ini juga dihadiri GM BETV M Firdaus, Deputi GM BE Suherdie Marabillie, Manajer Iklan BE Hadi Nurahman, Manajer Sirkulasi BE Jamal Maarif, kepala sekolah dan puluhan pelajar se-Kota Kota Bengkulu ini.(151) Pemenang Karnaval Kemerdekaan Tingkat SD/MI Juara Harapan I SDN 08 I SDN 36 II SDN 04 II SDN 12 III SDN 37 III SDN 38 Tingkat SMP/MTS Juara Harapan I SMPN 18 I SMPN 7 II SMPN 2 II SMPN 1 III SMPN 3 III SMPN 9 Tingkat SMA/MA Juara Harapan I SMKS 4 PGRI I STM Grakarsa II MAN 1 Model II SMAN 1 III SMKN 1 III SMKN 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: