Triwulan II 2016, Pertumbuhan Ekonomi Bengkulu Meningkat

Triwulan II 2016, Pertumbuhan Ekonomi Bengkulu Meningkat

 BENGKULU, bengkuluekspres.com- Bank Indonesia Provinsi Bengkulu mencatat pertumbuhan ekonomi triwulan II 2016 tumbuh 5,41% (yoy), lebih tinggi jika di bandingkan triwulan sebelumnya yang tercatat 5,00% (yoy), juga lebih tinggi dari pertumbuhan Sumatera 4,49 % (yoy), maupun nasional 5,18% (yoy).

Di sisi permintaan, permintaan didorong oleh ekspansi fiskal daerah yang meningkat cukup signifikan khususnya pada pos belanja pegawai yang terjadi tepat disaat ekspektasi konsumsi masyarakat menghadapi ramadhan dan tahun ajaran baru.

\"Kondisi seperti ini mendorong konsumsi rumah tangga dan konsumsi pemerintah tumbuh cukup signifikan. Sementara disisi penawaran, pergeseran musim panen tabama dan peningkatan produksi TBS paska kenaikan harga CPO mendorong sektor pertanian dan Industri pengolahan tumbuh cukup optimis,\"jelas Deputi Bank Indonesia Bengkulu, Christine Sidabutar, Selasa (30/08/2016).

Sedangkan perkembangan inflasi, lanjut Christine, triwulan II 2016 menurun. Triwulan II 2016 BI mencatat 5,47% (yoy), lebih rendah di bandingkan inflasi triwulan sebelumnya sebesar 5,93% (yoy). Menurunnya inflasi disebabkan oleh kelompok volatile foods. Kecukupan pasokan pangan yang stabil sehingga target untuk menekan inflasi dapat terjadi.

\"Ada kenaikan yang sangat signifikan di kelompok inflasi administered prices yang bersumber pada kenaikan tarif angkutan udara karena berkurangnya jumlah penerbangan dan tarif air minum PAM.

\"Dengan perkembangan tersebut sampai dengan triwulan II 2016, inflasi bengkulu tercatat sebesar 3,62% (ytd), lebih tinggi dibandingkan rata-rata historis inflasi Bengkulu selama lima tahun terakhir (2011-2015),\" pungkasnya.(edo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: