Informasi Media Harus Aktual dan Faktual

Informasi Media Harus Aktual dan Faktual

TUBEI, Bengkulu Ekspress - Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi, membuka langsung kegiatan sosialisasi yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Rejang Lebong di Gedung Bina Praja Setda Lebong, Senin (29/8). Dalam kegiatan yang mengambil tema \'Peran Media Sebagai Kontrol Sosial Guna Terciptanya Kondusifitas di Kabupaten Lebong itu, menghadirkan 3 nara sumber masing-masing Ketua PWI Cabang Rejang Lebong, Hasan Basri; Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0409 RLm Mayor Infantri Sisrachmat SHm dan Kasat Reskrim Polres Lebong, AKP Tatar Insan SH.

Bupati Rosjonsyah dalam sambutannya mengatakan, informasi yang disajikan melalui media sangat berpengaruh terhadap opini yang terbentuk di masyarakat. Informasi yang aktual dengan fakta dan narasumber yang berkualitas dapat meminimalisir atas kepercayaan masyarakat terhadap isu-isu yang berkembang. Menurut Rosjonsyah, bukan hanya persatuan yang akan terpecah, bahkan tatanan birokrasi juga dapat rusak terhadap penyimpangan suatu informasi.

\"Saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membuka pikiran untuk menyinergikan kekuatan dan perbedaan masing-masing untuk menghindari perpecahan dengan tujuan terciptanya persatuan. Peran serta semua pihak sangat perlu untuk menjadi profesional dalam tupoksi dan peranannya masing-masing dalam membangun Kabupaten Lebong yang kita cintai ini,\" ujar Rosjonsyah.

Sementara itu Ketua PWI Cabang Rejang Lebong, dan Lebong, Hasan Basri mengungkapkan, dalam konteks pelaksanaan demokrasi, pers telah diposisikan sebagai pilar keempat dalam pembangunan bangsa setelah lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif. Dimana dalam mencari informasi yang nantinya akan disampaikan melalui media, pers memiliki kode etik sebagai dasar.

\"Dengan posisi seperti itu, pers menjadi instrumen penting dalam pembangunan bangsa dalam hal menyajikan informasi kepada masyarakat dalam meningkatkan edukasi sosial-politik bagi masyarakat luas,\" ujarnya.

Kapolres Lebong AKBP Zainul Arifin SE MH melalui Kasat Reskrim AKP Tatar Insan SH mengatakan, peran media adalah sebagai penyambung lidah dalam memberikan informasi kepada masyarakat sebagai konsumen. Sehingga peranan masyarakat juga menjadi penting untuk mengendalian informasi agar menjadi benar dan tidak keruh sehingga dapat menekan potensi terjadinya konflik sosial didalam masyarakat Lebong \"Masyarakat juga harus berperan aktif dengan mengecek kejelasan media. Jika memang ada masyarakat yang merasa dirugikan, hal ini dapat dilaporkan,\" ujar Tatar.

Dandim 0409 RL Letkol Kav Hendra S Nuryahya SH melalui Pabung Lebong Mayor Infantri Sisrachmat SH mengungkapkan jurnalis merupakan mitra dalam membangun Kabupaten Lebong. Menurutnya jurnalis memiliki inovasi dalam menyajikan informasi melalui media kepada masyarakat. Dalam hal ini masyarakat sebagai konsumen produk dari jurnalis ini diharapkan agar tidak mudah untuk mengambil kesimpulan.

\"Artinya masyarakat harus mencerna informasi yang disampiakan melalui media dan tidak ditelan mentah-mentah. Insan jurnalis secara profesional juga akan mencari narasumber yang berkompeten sehingga tidak rerjadi blunder informasi yg dapat menimbulkan konflik sosial,\" demikian Pabung.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: