DAK Dinas PU di Atas Rp 120 M

DAK Dinas PU di Atas Rp 120 M

\"administrasi_kantor_2\"TUBEI, Bengkulu Ekspress – Sesuai instruksi Bupati Lebong, H Rosjonsyah Syahili SIP MSi, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Lebong terus berupaya meningkatkan pemasukan sumber dana dari Pemerintah Pusat atau APBN setiap tahun anggaran. Bahkan tahun ini, Dinas PU Lebong terbilang meraih prestasi dengan mendapatkan total anggaran dari dana alokasi khusus (DAK) yang bersumber dari APBN TA 2016 mencapai angka di atas Rp 120 miliar.

Bahkan angka ini melebihi anggaran dana alokasi umum (DAU) yang bersumber dari APBD murni Kabupaten Lebong yang nilainya kurang dari Rp 100 miliar. \"Bahkan hanya lebih kurang Rp 50 miliar yang dibagi ke seluruh bidang, termasuk anggaran rutin secretariat Dinas PU Lebong,\" ungkap Kepala Dinas PU Lebong, Ir Eddy Ramlan, belum lama ini.

Eddy menambahkan, untuk DAK diawal TA 2016 Dinas PU Lebong mencapai Rp 89,558 miliar yang terbagi ke beberapa bidang di Dinas PU Lebong. Dengan rincian Bidang Bina Marga (BM) Rp 78,218 miliar, Bidang Cipta Karya (CK) Rp 1,813 miliar, dan Bidang Pengairan 9,526 miliar.

Sedangkan untuk DAK tambahan, sambung Eddy, Dinas PU Lebong melalui Bidang BM mendapatkan lagi anggaran yang mencapai Rp 46,543 miliar, yang sudah terbagi menjadi 8 kegiatan fisik. \"Jadi total DAK TA 2016 mencapai Rp 136,102 miliar. Dana tersebut keseluruhan untuk kegiatan fisik dan pembangunan infrastruktur yang tersebar di seluruh Kabupaten Lebong. Bahkan DAK TA 2016 meningkat drastis lebih dari 2 kali lipat TA 2015 atau hanya Rp 56,701 miliar,\" sambung Eddy.

Ditambahkan Eddy, upaya pencarian dana di APBN atau Pemerintah Pusat akan terus dilakukan semaksimal mungkin. Hal ini senada dengan pesan Buapati Lebong. ‘’SKPD jangan hanya andalkan APBD saja, tapi harus lebih giat cari dana dipusat. Semakin bagus dan maksimal realisasi serta penyerapannya, maka semakin besar pula peluang akan kembali mendapatkan DAK yang lebih besar ditahun anggaran berikutnya,\" imbuh Eddy.(***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: