Pagelaran Wayang Kulit Berhadiah 1 Unit Motor

Pagelaran Wayang Kulit Berhadiah 1 Unit Motor

\"Brotoseno

HUTAN Wonomarto atau Wisomarto termasuk wilayah Wiroto, hutan ini terkenal sangat gawat karena disitulah tempatnya para jin dan siluman yang terkenal ganas, maka atas prakarsa Raja Wiroto yang bernama Prabu Matswopati para Pandawa disuruh untuk membabat hutan tersebut untuk dijadikan sebuah negara.

Maka berangkatlah Pandawa Lima yang dipimpin Brotoseno masuk kedalam alas Wonomarto dan terjadilah peperangan antara Brotoseno dengan para jin atau siluman, Brotoseno terkena pusaka jin Dandunwecono hingga lemas tak berdaya, Permadi berusaha mencari pendeta sakti agar bisa mengalahkan para jin maka bertemulah Permadi dengan seorang pendeta bernama Kolosuparto yang sebenarnya merupakan penjelmaan Batoro Anggoro Parno dewanya pembangunan.

Untuk mengalahkan para jin atau siluman Permadi diberi minyak lisah Jayengkaton yang khasiatnya bisa melihat bangsanya jin dan bisa menaklukan para jin.

Tersebutlah ada seorang wanita berwujud raseksi bernama Dewi Arimbi dari Pringgondani yang sedang jatuh cinta kepada Brotoseno, maka bertemulah Dewi Arimbi dengan Brotoseno yang dalam keadaan tidak berdaya, maka ditolonglah Brotoseno oleh Arimbi dan akhirnya Brotoseno menjadi jodohnya Dewi Arimbi.

Akhir cerita ini Pandawa Lima bisa menaklukan para jin di alas Wonomarto karena khasiat lisah Jayengkaton. Puntodewo bisa mengalahkan jin Dandunwecono (Jinsuseno). Permadi dapat mnegalahkan jin Suparto, sedangkan Kimpen dan Tangsen dapat mengalahkan jin Nakula dan jin Sadewa, dan jasadnya kelima jin tersebut telah menyatu dengan jasadnya para Pandawa Lima. Mulai saat itu Pandawa Lima berhasil membabat alas Wonomarto dan berdirilah sebuah kerajaan yang indah yang bernama Kerajaan Amarta yang berasal dari kata Wonomarto, sedangkan Betoro Anggoro Parno memberinya nama Indro Prasto atau Kenconopuro.

Ini adalah kisah cerita pewayangan. Saksikan pagelaran wayang kulit, dengan dalang Prof Dr Muhadjir Effendi MAP, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, dan Ki Wiwin Nusantara. Pagelaran wayang ini dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI Ke 71 dan sosialisasi empat pilar kebangsaan MPR RI, pada 6 September 2016, pukul 20.30 di Halaman Kantor Walikota Bengkulu. Bagi penggemar wayangan, tidak hanya disuguhi cerita menarik, tetapi juga berpeluang mendapatkan hadiah 1 unit sepeda motor persembahan Ketua MPR RI DR (HC), H Zulkifli Hasan, SE, MM. Selain itu, ada hadiah 10 unit kipas angin, persembahan Dewi Coryati, anggota DPR RI. Untuk mendapatkan hadiah ini, gunting kuponnya di Koran Harian Bengkulu Ekspress (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: