Optimalkan Kelompok Budidaya Ikan

Optimalkan Kelompok Budidaya Ikan

\"pelelangan-ikanwj1Bd\"AMEN,Bengkulu Ekspress - Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Lebong mengoptimalkan kelompok pembudidayaan ikan dan unit pembenihan rakyat (UPR). Hal ini agar produksi ikan terus meningkat setiap tahunnya.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Lebong Ir Ahmad Yon kemarin (25/8) menjelaskan kepada BE, hal yang dioptimalkan itu antara lain, sentra budidaya ikan dengan kolam permanen, kolam terpal, kerambah jaring apung ataupun budidaya ikan lainnya. Saat ini jumlah UPR yang ada di Kabupaten Lebong mencapai 20 unit tersebar di beberapa kecamatan.

\"Untuk kelompok pembudayaan dan pembenihan ikan di sebar di Kecamatan Lebong Sakti,\" jelas Yon.

Selain itu, sambung Yon, Balai Benih Ikan (BBI) yang terdapat di Sekretariat Kantor Diskanak Lebong Desa Muara Ketayu Kecamatan Amen sudah memiliki 9 kolam yang produktif. Hanya saja belum sebanding dengan luas lahan untuk budidaya ikan yang mencapai 2 ribu hektar di Kabupaten Lebong.

\"Meskipun sudah produktif, namun belum bisa memenuhi kebutuhan bibit ikan untuk luas potensi perikanan yang ada. Makanya salah satu upaya memenuhi kebutuhan bibit ikan di Lebong, kita terus meningkatkan peran dari UPR yang sudah dibangunan di beberapa kecamatan,\" pungkasnya.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: