Lapas dan Rutan di Bengkulu Masuk Zona Merah

Lapas dan Rutan di Bengkulu Masuk Zona Merah

BENGKULU, BE - Kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Provinsi Bengkulu masuk zona merah. Artinya, artinya lima Lapas dan Rutan yang ada di Bengkulu semuanya bermasalah. Contoh kecilnya, Lapas Bengkulu rusuh karena polisi mengadakan razia narkoba, Rutan Malabro dibakar karena ada razia narkoba, Lapas Curup rusuh karena pemasangan CCTV serta Lapas Arga Makmur rusuh setelah warga binaan meminta salah satu pegawai lapas diganti.

\"Kondisi Lapas dan Rutan di bengkulu masuk zona merah karena dari lima Lapas dan rutan yang ada semuanya bermasalah. Wajar jika Kementerian menetapkan zona merah untuk kondisi Lapas dan Rutan di Bengkulu,\" jelas Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Bengkulu, Dewa Putu Gede Bc IP SH disela-sela sertijab Kalapas Klas IIA Bengkulu FA Widyo Putranto Bc Ip yang digantikan Rudy Charles Gill, Jum\'at (19/8) siang.

Khusus untuk Kalapas Bengkulu yang baru, Dewa berpesan agar menerapkan zero narkoba dan handphone di Lapas Bengkulu. Maksudnya, tidak ada lagi narkoba dan handphone yang bisa digunakan napi tahanan di dalam penjara. Kemudian, Dewa meminta Kalapas memetakan permasalahan pegawai sampai permasalahan warga binaan, yang berpotensi membuat gangguan keamanan Lapas.

\"Petakan permasalahan yang ada, kemudian koordinasikan dengan kantor wilayah. Jika hal itu diterapkan secara pelan tapi pasti kita bisa menerapkan interuksi menteri itu,\" imbuh Dewa.

Saat dikonfirmasi, Rudy Charles Gill mengaku akan melakukan tugas sebaik-baiknya. Meneruskan tugas pejabat lama yang belum selesai dan melanjutkan program pejabat lama belum terealisasikan. Tentunya dengan mengadakan evaluasi terlebih dulu.

\"Sebagai pejabat yang baru saya akan meneruskan tugas pejabat lama dan melanjutkan program yang belum terlaksana,\" ungkap Rudy saat dikonfirmasi setelah selesai acara sertijab.

Rudy mentargetkan Lapas Bengkulu akan menjadi zona hijau dan menerapkan Lapas Berdasi, bersih, damai dan sigap. Terkait masuknya narkoba ke dalam Lapas Bengkulu, Rudy memastikan pihaknya tidak akan toleransi dengan barang haram itu.

\"Sesuai interuksi dari menteri dan presiden kita perangi narkoba, untuk Lapas saya memastikan akan perangi narkoba,\" tutup Rudy.(167)

Kejadian Luar Biasa di Rutan dan Lapas di Provinsi Bengkulu tahun 2016

 1. Lapas Bentiring Kota Bengkulu 21 Juli 2016 Napi bentrok dengan polisi karena menolak razia narkoba di dalam Lapas yang dilakukan Polres Bengkulu. Sejumlah napi ditahan karena kepemilikan narkoba di lapas, serta menjadi provokator.

2. Lapas Arga Makmur 25 Mei 2016 Napi dan tahanan bentrok dengan sipir karena minta pegawai Rutan diganti

3. Lapas Curup 16 April 2016 Napi dan tahanan bentrok dengan sipir karena menolak pemasangan CCTv

4. Rutan Manna 7 April 2016 Tiga napi dan 2 sipir ditangkap karena pesta narkoba di rumah dinas Rutan.

5. Rutan Malabero Bengkulu 25 Maret 2016 Para napi dan tahanan menolak razia narkoba dilakukan Polres Bengkulu, sehingga membakar sel tahanan. Lima orang tahanan tewas dalam peristiwa ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: