Pejabat Pemkot Ikut Daftar Sekprov

Pejabat Pemkot Ikut Daftar Sekprov

Pendaftaran Ditutup Hari Ini

BENGKULU, BE - Berangsur-angsur, pendaftar lelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) mulai bertambah. Dari sebelumnya hanya 2 orang, yakni Dr Hadi Supratikta MM pejabat fungsional Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

(Bappeda) Kabupaten Seluma Drs Julian Zuherwan MSi, kemarin (18/8), satu pejabat Pemda Kota, Ir H Fachriza Razie MM yang saat ini menjabat sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesra, juga ikut menyerahkan berkas pendaftaran untuk meramaikan bursa seleksi terbuka jabatan Sekda Provinsi (Sekprov) Bengkulu.

Sehingga baru 3 orang pejabat yang telah melakukan pendaftaran resmi, sedangkan pendaftaran sendiri akan ditutup hari ini.

Meski sudah bertambah, namun masih kurang dari 5 orang peserta yang merupakan syarat seleksi jabatan Sekprov ini. Jika di hari terakhir yang tepat pada hari ini tidak juga memenuhi syarat 5 calon tersebut, kemungkinan besar pendaftaran kembali diperpanjang.

Hal itu mengingat, pemprov tidak akan melakukan jemput bola kepada pejabat yang telah melengkapi kriteria untuk melakukan pendaftaran. Baik terhadap pejabat yang berada di lingkungan pemprov maupun pejabat yang berada di luar Provinsi Bengkulu.

\"Kita tunggu seperti apa nanti akhirnya. Karena Pak Gubernur ingin mekanisme ini tetap berjalan dan menghasilkan sekda terbaik,\" terang Pelaksana tugas (Plt) Sekda Pemprov Bengkulu, Drs H Sudoto MPd saat menggelar konferensi pers, kemarin.

Sementara itu, untuk pejabat pemprov sendiri belum ada yang ikut mendaftar. Begitupun permintaan izin tertulis kepada gubernur juga belum dilakukan, walaupun Gubernur Ridwan Muktitelah memberikan izin secara lisan kepada semua pejabat yang bergolongan IVC untuk ikut mendaftar.

\"Sejauh ini belum ada yang meminta izin tertulis ke Pak Gubernur, kalau ada kita akan buat secara langsung,\" tambahnya.

Sudoto yang juga telah memenuhi syarat mendaftar Sekprov ini juga masih enggan ikut mendaftar. Termasuk mantan Plt Sekda, Drs H Sumardi MM juga telah bulat untuk tidak mendaftar. \"Kalau saya belum saja, masih tunggu wangsit dulu. Karena ini bukan lah pertandingan, tapi pertimbangan posisi yang tepat dan waktu yang tepat untuk membangun daerah kita ini,\" tegas Sudoto.

Terlepas ada tidaknya pejabat pemprov yang mendaftar, Sudoto mengungkapkan semua tergantung pada kesiapan dan keingannya untuk melakukan pendaftaran. Terlebih semua mekanisme dan cara pendaftaran telah diumumkan. Sehingga tidak ada alasan lagi informasi yang tidak didapatkan oleh semua pejabat.

\"Semua orang sudah tahu, transparansinya sudah sampai. Tinggal orang perorang sesuai dengan kapasitasnya dan perkembangannya. Sudah merasa pas atau belum untuk ikut mendaftar,\" ujarnya.

Sejauh ini pemprov juga tidak mau ikut terlibat langsung dalam proses seleksi sekda tersebut. Sebab, prosesnya telah diserahkan sepenuhnya kepada Panitia Seleksi (Pansel).

\"Prosesnya kita tunggu keputusan dari Pansel. Karena kita sudah menyerahkan secara penuh kepada Pansel,\" tutup Sudoto. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: