BDB Bertambah, Warga Gelar Foging

BDB Bertambah, Warga Gelar Foging

LUBUK SANDI, BE-Korban wabah demam berdarah di Desa Tumbuan Kecamatan Lubuk Sandi, Seluma bertambah. Dua hari lalu, 2 orang terjangkit sucpect DBD, kemarin menjadi 3 orang. Korban kini tengah menjalani perawatan intensif oleh pihak RSMY Bengkulu. Menyikapi kasus tersebut, warga setempat melakukan foging secara swadaya.

“Memang ada satu orang lagi yang diduga kena DBD,” ujar Kepala UPT Puskesmas, Erva Neoty.

Diakuinya, pekan lalu warganya yang telah positif terkena DBD, hingga kemarin sudah dinyatakan pulih. Namun, masih menyisakan masa masa penyembuhan. Dikatakannya, swadaya masyarakat desa melakukan foging patut diapresiasi. karena hal tersebut merupakan insiatif yang berdampat positif bagi kesehatan masyarakat. “Radius 100 dari kediaman warga yang terjangkit DBD memang haruslah dilakukan penyemprotan,” terangnya.

Sementara itu, selain swadaya, sejumlah rumah warga ryang berada di desa itu menjadi sasaran foging, penyemprotannya dilakukan oleh Kasi Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), Taubin Tumadi SKM. Diselah-selah penyemprotan, Taubin, mengatakan sejak awal 2013 ini pihaknya telah melakukan penyemprotan sebanyak di 32 lokasi.

Diketahui sebelumnya, diketahui sejak Januari ini sedikitnya sudah 5 orang warga Seluma terjangkit DBD. Terdiri dari 1 orang warga Tais, 2 orang warga Kayu Arang dan 2 orang warga Tumbuan. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: