Realisasi Raskin Baru 49,75 %

Realisasi Raskin Baru 49,75 %

\"Ary,

CURUP, BE - Meskipun saat ini sudah memasuki semester kedua tahun 2016, namun realisasi pendistribusuan beras bantuan masyarakat sejahtera (Rastra) atau yang dulunya disebut beras unutk masyarakat miskin (Raskin) belum mencapai 50 persen. Dimana saat ini penyaluran Raskin di 15 kecamatan yang ada di Rejang Lebong baru sebesar 49,75 persen.

\"Saat ini dari total pagu Raskin yang kita miliki, baru tersalur sekitar 49.75 persen,\" ungkap Kabag Ekonomi Sekretariat Kabupaten Rejang Lebong Helvin Elkadarido, SE melalui Kasubag Industri Perdagangan dan Pasar (IPP) Johar Yanto.

Dijelaskan Johar Yanto, hingga bulan Juli lalu jumlah Raskin yang sudah disalurkan kepada masyarakat Rejang Lebong sebanyak 1.747,5 ton dari total kuota yang diterima Kabupaten Rejang Lebong pada tahun 2016 ini sebanyak 3.512,5 ton.

Dijelaskan Johar Yanto, realisasi Raskin di Rejang Lebong belum mencapai 50 persen dikarenakan beberapa faktor. Diantaranya dengan perubahan sistem pembayaran, karena menurut Johar pola pembayaran yang diterapkan pada tahun 2016 ini yaitu dengan sistem bayar dimuka, meskipun untuk harganya masih tetap yaitu Rp 1.600 per Kg.

Masalah lain yang ditemukan adalah, selama ini banyak desa di Kabupaten Rejang Lebong yang habis masa aktif kepala desa, sehingga tidak memiliki Kades definitif dan dijabat oleh pejabat sementara (Pjs) yang merupakan pegawai kecamatan.

Mereka yang menjabat sebagai Pjs Kades ini sebagian besar adalah panitia Raskin ditingkat kecamatan, dengan adanya tugas Pjs Kades maka tugas mereka menjadi terpecah-pecah sehingga tidak maksimal dalam mengurus tugas mereka seperti untuk Raskin ini.

\"Namun dengan sudah adanya Kades defintif saat ini, kita berharap tidak menjadi kendala lagi dalam realisasi Raskin di Rejang Lebong ini,\" harap Johar.

Disisi lain, terkait dengan penebusan Raskin di Rejang Lebong, Johar Yanto mengaku dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, sudah ada empat kecamatan yang telah melakukan penembusan dari Januari hingga Agustus ini.

Keempat kecamatan yang telah melakukan penebusan hingga bulan Agustus ini antara lain Kecamatan Curup, Kecamatan Curup Tengah, Kecamatan Curup Selatan dan Kecamatan Curup Utara. Sedangkan sisanya yaitu 11 kecamatan lainnya baru melakukan penebusan hingga Bulan Juni.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: