3 Puskesmas Ditarget Terakreditasi

3 Puskesmas Ditarget Terakreditasi

\"Kadinkes

CURUP, BE - Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong menargetkan sebelum berakhirnya tahun 2016 ini sudah ada Puskesmas di Rejang Lebong ini yang terakreditasi. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, H Asli Samin SKep MKes.

\"Kita menargetkan tahun ini minimal ada 3 Puskesmas dari 21 Puskesmas yang sudah terakreditasi, syukur-syukur lebih,\" ungkap Asli Samin.

Dijelaskan Asli Samin yang belum sebulan menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, tiga Puskesmas yang ia targetkan untuk memproleh akreditasi tersebut antara lain Puskesmas Curup, Puskesmas Perumnas dan Puskesmas Watas Marga.

Dipilihnya ketiga Puskesmas tersebut, karena tiga Puskesmas tersebut yang yang tempatnya cukup strategis dan banyaknya warga yang dilayani oleh ketiga Puskesmas tersebut.

Lebih lanjut Asli menjelaskan, untuk memprolesh akreditasi tersebut, ia meyakini tidak akan membutuhkan waktu lama terlebih lagi bagi ketiga Puskemas tersebut. Karena menurutnya saat ini dari segi sarana dan prasarana ketiga Puskesmas tersebut telah memenuhi standar yang diharapkan untuk mendapat akreditasi.

\"Kalau dari segi sarana dan prasarana sudah tidak ada masalah lagi, sehingga saya rasa tidak akan lama untuk tiga Puskesmas ini mendapat akreditasi,\" paparnya.

Menurut Asli, yang masih menjadi kendala selama ini adalah, tentang manajemen dan sistem admnistrasi di Puskesmas di Rejang Lebong yang kurang baik sehingga belum mendapat akrediatasi. Hal tersebut juga terkendala kurangnya pendampingan dari tim akreditasi yang ada di Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong.

\"Kedepannya kita akan lebih insentifkan lagi pendampingan oleh tim akreditasi sehingga tidak ada masalah lagi,\" akunya.

Dijelaskan Asli, pendampingan yang dilakukan kedepannya yaitu dengan mendatangi langsung Puskesmas yang ditargetkan untuk memdapatkan akreditasi bukan melalui telepon ataupun pesan singkat, sehingga hasilnya pun akan lebih maksimal.

Untuk jumlah pendamping akreditasi di Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, menurut Asli saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong baru memilki 6 orang tim akreditasi.

Namun menurutnya, enam orang tersebut sudah cukup untuk melakukan pendampingan terhadap tiga Puskesmas yang ditargetkan meraih akreditas, namun ia berharap kedepannya bisa dilakukan penambahan sehingga bisa melakukan pendampingan terhadap Puskesmas lainnya yang ada di Rejang Lebong.

\"Untuk terwujudnya akreditasi di Puskesmas yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, kita harapkan bantuan semua pihak,\" harap Asli. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: