Po San Luncurkan Armada Baru, Scania K360IB-4×2 S-Liner

Po San Luncurkan Armada Baru, Scania K360IB-4×2 S-Liner

\"SAN_Scania

BENGKULU, bengkuluekspress.com- Nyaman, aman, mewah, dan ramah lingkungan. Hal inilah yang tergambar dari armada baru Po. San yang diluncurkan secara resmi di Bengkulu hari ini, (15/08), di Pool Po San Rawa Makmur.

Bus jenis Scania K360IB-4x2 S-Liner opticruise dengan bodi balutan karoseri pabrikan Rahayu Sentosa ini, memiliki teknologi terkini baik dari segi kenyamanannya, kemananan, dan desain bus yang mewah dan elegan.

\"Armada baru yang kami luncurkan hari ini menjadi salah satu produk yang lengkap secara kenyamanan, keamanan dan tampilan,\" ujar Hasanuddin Adnan, Presiden Direktur, Po San, Didamping Kurnia Lesani Adnan, Direktur Utama dan Kurnia Lesandri Adnan, Direktur Marketing dan Personalia.

Ditambahkannya, armada baru kelas executive ini rencananya akan beroperasi dengan rute Bengkulu - Jakarta via Pantai Barat. Seperti di ketahui bahwa rute ini dikenal dengan medan yang sangat berat, jalan terjal dan berkelok sehingga membutuhkan spesifikasi bus dengan kapasitas mesin dan horse power besar.

\"Untuk itu, armada baru ini hadir dengan kapasitas mesin 13.000 cc dan horse power,\".

Menurutnya, armada ini sangat cocok untuk kondisi jalan via Pantai Barat yang memiliki jarak tempuh 865 KM dengan jarak tempuh normal selama 23 jam. Mengingat lamanya jarak tempuh selama perjalanan, sehingga kenyamanan sangat diutamakan.

Ada pun fitur-fitur kenyamanan yang dimiliki Scania K360IB-4x2 S-Liner yaitu diantaranya suspensi udara dikontrol secara elektonik (ELC) yang berguna untuk mengatur tinggi rendahnya bus dan menjaga kesatbilan bodi pada saat menikung agar posisi penumpang tetap stabil.

Selain itu, fitur kneeling dan lowering pada suspensi udara, untuk memudahkan penumpang saat memasuki bus.

\"Perpindahan gigi menggunakan fitur optic cruise transmission sehingga perpindahan gigi diatur secara otomatis oleh sistem segingga tidak terasa oleh penumpang dan memudahkan pengemudi agar tidak lelah menempuh perjalanan panjang,\" terangnya.

Disamping itu, bus yang memiliki kapsitas 45 tempat duduk model reclening seat konfigurasi bangku 2-2, dielngkapi dengan food rest, bantal, selimut. Selain itu didalam bus juga tersedia toilet, smooking area dan AC berkapasitas besar tife E 900.

\"Penumpang juga tidak khawatir akan kebutuhan listrik karena disetiap bangkunya disediakan power plug charger,\" ujarnya.

Sedangkan dari segi keamanan, pihaknya sangat memperhatikan keselamatan penumpang sehingga chassis bus ini dilengkapi dengan fitur-fitur berstandar internasional. Seperti Elektronic Braka System (EBS) dan Air Processing System (APS) membuat proses pengereman menjadi lebih sempurna dan menjaga dari kemungkinan rem gagal berfungsi saat melakukan pengereman.

\"Kemanan menjadi penting karena pada prinsipnya kami membawa manusia bukan membawa barang,\" katanya.

Hal yang paling penting, desain karoseri bus sesuai dengan tife primadona dipasaran yaitu high deck dengan dua kaca yang diberi nama SAN-Liner (S-Liner), dengan bodi lebih tinggi sehingga mendukung kenyamanan penumpang dalam perjalanan lebih leluasa baik dalam ruang gerak maupun pandangan.

\"Armada ini juga sangat ramah lingkungan karena memiliki level emisi EURO 3, hal ini membuktikan bahwa Scania merupakan bus yang ramah lingkungan.\"pungkasnya.

Pantauan BE, dalam launching yang digelar di Pool Po San Rawa Makmur ini, masyarakat bisa langsung mencoba kenyamanan armada baru ini. Hal ini dibuktikan dengan dilakukannya tour singkat yang mengajak para mitra dan San Lover untuk city tour dan menjajal ketangguhan generasi baru Scania ini dimedan tanjakan Curup. (cik1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: