Petani Rejang Lebong Raih Terbaik Nasional

Petani Rejang Lebong Raih Terbaik Nasional

\"warta

CURUP, BE- Keaktifan Sugianto (35) dalam dunia pertanian di Kabupaten Rejang Lebong mendapat penghargaan nasional. Penghargaan nasional yang diperoleh petani asal Kelurahan Talang Benih tersebut sebagai petani berprestasi tahun 2016.

Untuk menerima penghargaan Sugianto atau yang akran disapa itong akan menerima penghargaan dari Presiden RI yang akan diberikan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI di istana negara.

\"Untuk menerima penghargaan dari presiden, kita akan berangkat Senin besok,\" ungkap Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Rejang Lebong, Mohammaf Raffles yang akan mengawani Sugianto menerima penghargaan di istana negara.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Ir Amrul Eby MM, Keberhasilan itong meraih predikat petani berprestasi nasional berkat keaktifannya dikelompok tani di Kelurahan Talang Benih.

Dimana menurut Eby, sektor pertanian yang dilakukan Itong dalam arti yang luas, karena selain berkebun dan bersawah saja namun juga dalam bidang peternakan. Dimana dalam bidang peternakan Itong bersama kelompom taninya saat ini tengah mengembangkan itik Talang Benih sebagai itik khas Rejang Lebong.

\"Itong kita usulkan untuk meraih predikat petani berprestasi berkat keaktifannya dalam bidang pertanian dalam arti yang luas,\" ungkap Eby.

Selain itu, Eby juga mengungkapkan bahwa, berkat pendampingan yang dilakukan oleh BP4K Kabupaten Rejang Lebong, serta bantuan dari berbagai pihak seperti Bank Indonesia Bengkulu yang telah memberikannya kesempatan untuk study banding keluar daerah guna menimba ilmu sehingga saat ini Itong atau Sugianto sudah menjadi penyuluh swadaya dan sering berbagai pengetahuan dengan petani maupun kelompok tani lain yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

\"Sebelumnya suadara Itong ini juga meraih predijat terbaik di Kabupaten Rejang Lebong sehingga kita usulkan ke tingkat nasional,\" papat Eby.

Lebih lanjut Eby menjelaskan, selain menjadi penyuluh swadaya dan berbagai ilmu dengan kelompok tani lainnya. Kelompok tani dipimpin oleh itong juga kerap dijadikan lokasi belajar baik bagi pelajar maupun mahasiswa yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Bahkan menurut Eby kelompok tani yang dipimpin Itong sudah memiliki sertifikat sehingga kualitasnya tidak diragukan lagi. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: