Pantau Penyaluran Alsintan

Pantau Penyaluran Alsintan

\"Susi

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Anggota DPR RI Dapil Bengkulu Susi Marleny Bachsin melakukan kunjungan kerja selama 3 hari di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu dari tanggal 9 hingga 11 Agustus 2016. Dalam kesempatan itu, Susi memantau sekaligus menyerahkan bantuan sekitar 120 unit Alsintan atau alat dan mesin pertanian, yang diberikan kepada 31 Kelompok Tani yang ada di Kabupaten Mukomuko.

\"Kunjungan kita dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan program pembangunan yang dianggarkan melalui dana APBN tahun 2016,\" ujar Susi, Kamis (11/8/2016).

Bantuan Alsintan tersebut terdiri dari handraktor, mesin tanam dan perontok padi serta thereser multiguna.

“Saya ini sifatnya hanya mengawal agar bantuan dana aspirasi yang diberikan dalam bentuk Alsintan oleh Pemerintah, bisa lebih tepat sasaran kepada masyarakat penerimanya di Kabupaten Mukomuko ini,” ungkapnya.

Selain itu dikatakan Susi, meski tahap seleksi penerima bantuan Alsintan ini sangat ketat. Dimana setiap kelompok tani penerima awalnya berasal dari usulan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, yang dilakukan verifikasi ulang oleh tim ahli DPR RI, namun peluang belum tepat sasaran tersebut bisa saja terjadi.

Oleh karena diakui Susi, pihaknya langsung turun kelapangan dan hasilnya akan disampaikan ke Kementerian terkait.

“Bagi kelompok tani penerima manfaat ini, se-pengetahuan saya awalnya diseleksi secara ketat dengan melibatkan tim ahli DPR RI. Apalagi dalam proposal harus diketahui perangkat desa, kecamatan dan dinas teknis, baru kita sampaikan ke Kementrian Pertanian RI,” terangnya.

Politisi Perempuan Gerindra Bengkulu ini juga berharap, bantuan yang diberikan ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat petani di Kabupaten Mukomuko, terutama dalam perluasan dan peningkatan hasil produksi pertanian dalam mencapai swasembada beras di Propinsi Bengkulu. Apalagi Mukomuko ini sebagai salah satu daerah lumbung padi dan beras di wilayah Bengkulu.

“Kita minta masyarakat petani tidak menyalah gunakan bantuan Al sintan ini, dengan menggunakan sebaik-baiknya dalam upaya memperluas dan peningkatan hasil produksi pertanian, untuk mencapai swasembada beras. Kemudian juga diharapkan dengan bantuan ini, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani setempat,” tutupnya. (Dil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: