Asyik.. Sertifikasi Guru Cair

Asyik.. Sertifikasi Guru Cair

 BINTUHAN, BE - Akhirnya sebanyak 797 guru yang telah memiliki sertifikasi pendidik atau Tunjangan Sertifikasi Guru (TPG), bisa bernafas lega. Pasalnya sertifikasi untuk triwulan kedua yakni bulan April, Mei dan Juni 2016 dalam beberapa hari ini segera dicairkan ke rekening masing-masing.

“Untuk TPG ini sekarang lagi proses pencairan dari Bank Bengkulu ke rekening-rekeningnya masing-masing. InsyaAllah satu dua hari ini uangnya sudah masuk ke rekening,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaur M Daud Abdulah SPd melalui Kasubag Kepegawaian Medi Mursalin SPd, saat ditemui BE di ruang kerjanya, Senin (8/8) kemarin.

Dikatakan Medi, ia meminta kepada guru yang menerima TPG untuk beberapa hari ini bersabar. Terlambatnya pencairan dana sertifikasi ini karena pihaknya belum mengajukan pencairan tunjangan sertifikasi tahap kedua. Alasannya karena pendataan yang dilakukan belum rampung. Meski begitu, ia berjanji secepatnya uang pencairan tunjangan sertifikasi tahap kedua sudah masuk ke rekening masing-masing

“Kita minta kepada penerima TPG bersabar, dan kita pastikan beberapa hari ini uang itu sudah selesai dimasukan ke rekening masing-masing,” terangnya.

Ditambahkannya, total uang TPG yang akan dicairkan itu yakni Rp 8,6 miliar, dengan penerima tunjangan sertifikasi tahun 2016 sebanyak 797 guru terdiri dari guru PAUD 41 orang, SD SMP 662, SMA 94 orang dan pengawas 37 orang. Untuk teknisnya pada gelombang kedua ini tidak semua guru yang ada akan mendapatkan tunjangan sertifikasi. Karena ada sejumlah guru yang saat ini sudah tidak lagi aktif atau pensiun. Sehingga jumlah penerima pun tidak lagi full seperti tahap pertama yang lalu.

“Ini tiga bulan sekali cairnya. Per bulannya masing-masing guru beda tergantung gaji pokoknya. Misalnya gaji pokoknya 4 juta kali 12 bulan potong PPh dan PPn, maka bisa dapat sekitar Rp 48 juta per tahun,” jelasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: