487 Kartu Jamkesmas Rusak

487 Kartu Jamkesmas Rusak

CURUP, BE - Sebanyak 487 kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) di Pukesmas Curup, tidak bisa digunakan karena mengalami kerusakan. Tak hanya rusak, namun juga karena pemiliknya telah meninggal dunia dan pemiliknya telah berpindah tempat tinggal. Kartu yang mengalami kerusakan tersebut terpaksa dikembalikan kepada pemerintah pusat.

Kepala Puskesmas Curup dr Nora Martaveli dikonfirmasi wartawan, Rabu (16/01) menjelaskan, hingga saat ini pihaknya tengah melakukan pembagian kartu Jamkesmas, kuota Puskesmas Curup dilakukan secara 2 tahap terdiri dari 4.625 kartu dibagikan pada tahap pertama, sedangkan sebanyak 1008 kartu akan dibagikan pada tahap kedua. \"Pembagian kartu Jamkesmas dilakukan dengan cara mendatangi setiap rumah warga yang namanya tercantum sebagai peserta jamkesmas,\" terang Nora.

Dengan cara seperti itu, sambung Nora, diharapkan kartu Jamkesmas yang telah dibagikan tidak disalahgunakan dikemudian harinya. Setidaknya terdapat 11 kelurahan /desa di diwilayah Pukesmas Curup.

\"Pembagian memang tidak melibatkan pihak kecamatan, lurah ataupun perangkat desa. Melainkan diberikan langsung oleh petugas kepada warga yang benar-benar namanya tercantum sebagai peserta Jamkesmas,” ujar Nora.

Untuk saat ini, lanjut Nora, kuota kelurahan penerima Jamkesmas terbesar di Kecamatan Curup terjadi pada 2 kelurahan, diantaranya Kelurahan Talang Benih dan Kelurahan Jalan Baru. Pasalnya, di kedua kelurahan tersebut merupakan wilayah padat penduduk. “Ada 2 kelurahan yang menjadi kuota terbesar penerima Jamkesmas, yaitu Kelurahan Jalan Baru dan Kelurahan Talang Benih,” ujar Nora.

Sebelumnya, jumlah total kartu peserta Jamkesmas yang dibagikan pada tahap pertama untuk 15 kecamatan di wilayah Rejang Lebong sebanyak 72.019 lembar. Kartu Jamkesmas tersebut baru mulai di bagikan sejak 12 Desember 2012 lalu. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: