Nelayan Keluhkan Pendangkalan Muara

Nelayan Keluhkan Pendangkalan Muara

SELUMA SELATAN, BE - Ratusan nelayan yang tergabung dalam forum kelompok nelayan Pasar Seluma saat ini mengeluhkan pendangkalan muara Pasar Seluma. Pendangkapan itu menyebabkan setiap nelayan hendak melaut dan pulang, perahu mereka kerap tersangkut di dasar Sungai Muara Seluma yang mencapai 1 meter.

“Saat ini setiap hendak melaut maupun pulang melaut kapal kami kandas di pintu muara Sungai Pasar Seluma,” tegas Ketua Forum Nelayan Pasar Seluma Ikhwan kepada BE kemarin (1/8).

Pendangkalan itu disebabkan pintu alur muara yang berubah, serta terjadinya abrasi air laut. Selama ini ketinggian muara Sungai Pasar Seluma biasanya mencapai 3 meter, namun saat ini hanya 1 meter saja. Jelas hal ini membuat kewalahan 130 nelayan hendak menangkap ikan maupun udang di laut.

\'\'Pendangkalan ini sudah terjadi cukup lama, namun yang paling dirasakan setahun terakhir,\'\' katanya.

Pendangkalan itu membuat kapal nelayan sering karam diterjang ombak. Bahkan nelayan harus menerjang ombak agar bisa keluar dari muara sungai tersebut. .

Bukan itu saja, kelompok nelayan juga mengeluhkan kapal trawl yang dulu telah diamankan alat tangkapnya kini beroperasi lagi. Mediasi yang sudah dilakukan beberapa kali tetap saja tidak membuahkan hasil. Nelayan kapan trawl tetap saja mencari dan menangkap ikan di perairan Seluma. \'

\'Hal itu dapat dilihat langsung setiap hari di kawasan pantai Seluma ini,” ujarnya.

Kapal trawl yang beroperasi itu, setiap harinya bisa mencapai puluhan unit.

\'\'Kegiatan kapal pengguna trawl itu hanya bisa dilihat saja. Nelayan Pasar Seluma tidak memiliki daya menindak kapal itu. Karena memiliki keterbatasan terutama alat tangkap dan mesin,” keluhnya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: