Ratusan Kilometer Jalan Ditingkatkan

Ratusan Kilometer Jalan Ditingkatkan

TAIS, BE - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Seluma telah melakukan pemilahan jalan di Kabupaten Seluma yang bakal diperbaiki dan ditingkatkan kualitasnya. Ada sepanjang 530 KM yang berhasil didata. Perbaikannya dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Seluma dan sudah disusun dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) lima tahunan yang sebentar lagi disahkan DPRD dan Pemkab Seluma.

“Kita sudah memilah mana jalan yang harus diperbaiki dan mana yang sudah di perbaiki sehingga skala prioritas pembangunan terlihat selama lima tahun kedepan,”tegas Kepala Bappeda Seluma Drs Julian Zuherwan MSi didampingi Sekretaris Bappeda Seluma Marah Halim SP MP kemarin (31/7) kepada BE.

Dijelaskan, dalam pemilahan ini juga sudah diketahui, mana saja ruas jalan tidak memungkinkan dihotmix dalam setahun anggaran, sehingga harus dimasukkan dalam program RPJMD lima tahunan. Untuk itu tahun 2016 dan 2017 RPJMD disepakati dipusatkan pada sektor peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan.

“Kondisi jalan di Kabupaten Seluma ini masih harus ditingkatkan. Mulai dari pengerasan, lapen hingga hotmik harus menjadi perhatian dan pekerjaannya berdasarkan umur jalan,” tegasnya.

Hanya saja,dalam memperbaiki ratusan kilometer jalan itu, Bappeda juga tidak bisa bekerja sendiri. Harus ada peran serta dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Seluma mengalokasikan anggaran dan mengusulkan perbaikan jalan tersebut. Sementara perbaikan jalan pedesaan di Kabupaten Seluma jelas tidak bisa menjadi tanggung jawab pemerintah seluma. Perbaikan jalan desa itu sepenuhnya diserahkan pada desa masing-masing dengan. Perbaikannya menggunakan anggaran dana desa (DD) yang telah dikucurkan kementrian, sedangkan untuk jalan penghubung antar desa dan penghubung kecamatan tetap menjadi tanggung jawab Pemkab Seluma.

“Untuk jalan desa perbaikannya sepenuhnya diserahkan ke desa. Mengingat desa memiliki anggaran besar. Hanya saja, jika memang tidak terkover DD, desa bisa menyampaikannya ke Pemda Seluma untuk ikut serta membantu perbaikannya,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang diterima tahun 2017 besaran DD diseluruh desa di Kabupaten Seluma Rp 2,4 milliar setiap desanya. Anggaran tersebut cukup untuk anggaran pembangunan infrastruktur lingkungan desa.

“Ini baru informasi, namun kita tetap berharap pemerintah bisa merealisasikannya. Program DD membawa manfaat besar bagi desa di Kabupaten Seluma,” sampainya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: