Puluhan Telur Penyu Lekang Menetas

Puluhan Telur Penyu Lekang Menetas

NASAL, BE - Tempat penakaran budidaya telur penyu oleh Kelompok Pelestari Penyu Pantai Sekube (KPPPS) di Desa Ulak Pandan Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur, berhasil menetaskan 68 tukik (anak penyu) jenis lekang didalam penangkaran di Desa Ulak Pandan, Kamis (28/7) kemarin.

“Telur penyu yang menetas kemarin (Rabu) ini merupakan telur yang tangkarkan dipenangkaran KPPS, syukur dari 100 telur 68 diantaranya berhasil menetas,” kata Ketua KPPPS Desa Ulak Pandan Mismulyadi kepada BE, Kamis (28/7) kemarin.

Dikatakannya, puluhan telur penyu yang dimasukkan kedalam penangkaran sudah mulai menetas dan anak penyu “tukik” sudah siap dilepas ke lautan. Setiap hari satu per satu tukik keluar dari dalam tempat penakaran. Namun, sejak tukik sudah banyak menetas belum ada pihak dinas terkait melihat langsung tempat penakaran itu. Termasuk tim dari Pemda Kaur sendiri yang katanya siap merespon usahanya tersebut.

“Disini kita sudah sering menetaskan telur penyu lekang ini, kita berharap penangkaran penyu ini ada perhatian dari pemerintah,” harapnya.

Lanjutnya, aktivis jaringan KPPPS dan masyarakat di desa Ulak Pandan itu telah melaksanakan penangkaran telur penyu sejak awal beberapa tahun lalu. Tukik hasil penangkaran itu rencananya akan segera dilepas kembali ke habitatnya di pantai Sekube Desa Ulak Pandan Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur. Telur penyu yang ditangkarkan di pantai wisata itu umumnya berasal dari Kaur sebagian besar yang diselamatkan dari para pemburu.

“Penangkaran telur dan tukik berbagai jenis penyu ini untuk mencegah terjadinya kepunahan penyu baik di Kaur yang populasinya terus menurun setiap tahunya,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk saat ini pelestarian penyu di pantai Sekube di Desa Ulak Pandan Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur itu, saat ini kelompok pelestari penyu ini sudah memiliki akte notaris dan sudah diakui keberadaannya oleh Kemenkumham RI dan DKP RI.

“InsyaAllah dalam waktu dekat ini kita sudah bisa melihat rumah penyu di pantai Sekube Desa Ulak Pandan, dan insyaAllah juga ada 6 sarang dengan 577 butir telur penyu lekang lagi akan segera menetas dan bisa dilihat nanti,” pungkasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: