Seluma Gandeng New Zealand

Seluma Gandeng New Zealand

\"Seluma

TAIS, BE -Sebagai antisipasi terjadinya bencana di Kabupaten Seluma, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seluma, kemarin siang (27/7) mengadakan workshop bersama 2 orang utusan dari negara New Zealand. Workhsop yang dilaksanakan bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) ini membahas bagaimana mengantisipasi serta penanggulangan bila bencana terjadi di Kabupaten Seluma.

“Kegiatan workshop dilakukan dengan membahas tentang pengurangan resiko bencana di Kabupaten Seluma. Karena antara Kabupaten Seluma dengan New Zealand memiliki kesamaan topografi. Sama-sama daerah yang rawan bencana,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Seluma Drs H Azwardi saat mendampingi Sekretaris Daerah Seluma Irihadi membuka kegiatan workshop tersebut.

Pengurangan resiko saat terjadi bencana bisa dilakukan dengan memberikan penjelasan dan pengertian kepada masyarakat. Apa yang harus dilakukan jika terjadi bencana di wilayah Kabupaten Seluma. Sehingga saat terjadi bencana masyarakat sudah memahami apa yang harus segera mereka lakukan. Begitu juga dengan pemerintah derah.

Untuk pemerintah daerah sendiri, Kepala BPBD mengatakan sudah harus mulai melihat daerah yang rawan bencana, serta kemungkinan terjadinya potensi bencana. Karena bencana bukan hanya gempa bumi saja, melainkan banjir, serta tanah longsor juga bencana. Karena Seluma daerah perbukitandan rawan bencana.

“Mereka memberikan arahan program yang sudah dilaksanakan di negaranya untuk mengantisipasi bencana, kemudian disampaikan di Kabupaten Seluma,”singkatnya.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: