BPOM Jamin Kaur Aman Vaksin Palsu

BPOM Jamin Kaur Aman Vaksin Palsu

 BINTUHAN, BE - Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Bengkulu memastikan Kabupaten Kaur masih aman dari peredaran vaksin palsu. Hal itu dipastikan Kepala Pemeriksaan dan Penyidikan BPOM Bengkulu Drs Syafrudin T Apt MSi, seusai inspeksi mendadak (Sidak) stok vaksin di 12 sarana kesehatan, seperti rumah sakit, Puskesmas dan Apotek di wilayah Kaur, Selasa (26/7) kemarin.

“Kita sudah dua hari ini turun langsung ke Kaur dan sudah menyidak 12 sarana layanan kesehatan. Alhamdulilah semua vaksin berasal dari Bio Farma dan Kaur ini tidak ada vaksin palsu,” kata Syafrudin.

Dikatakannya, dalam Sidak yang mengerahkan empat orang tim itu, BPOM Bengkulu telah melakukan pengecekan seperti pantabio, hepatitis, vaksin TT dan lainnya ke-12 sarana kesehatan yang menggunakan vaksin di Kaur. Hasilnya tidak ditemukan vaksin palsu dan 100 persen Kaur diyatakan aman dari vaksin palsu.

\"Sidak sudah kami lakukan bersama Kepala Dinkes Kaur sebagai sektor utamanya. Hasil sidak kami hingga saat ini belum menemukan vaksin palsu beredar. Seluruh vaksin dan serum dan obat-obtan berasal dari Dinkes langsung dari PT Biofarma,” terangnya.

Ditambahkannya, dengan amannya Kaur dari vaksin palsu ini, ia mengajak semua pihak terkait termasuk media massa untuk bersama-sama mensosialisasikan dan menegaskan kepada masyarakat, bahwa Kaur terbebas dari penggunaan dan peredaran vaksin palsu. Sebab semua jenis Vaksin yang ada di Kaur bersumber dari pemerintah pusat dalam hal ini dari Kementerian Kesehatan RI, yang disalurkan secara resmi melalui program pemerintah.

“Saya minta ini bersama-sama untuk mensosialisasikan dan menegaskan kepada masyarakat Kaur, bahwa vaksin yang digunakan aman dan bukan vaksin palsu. Saya minta masyarakat Kaur tidak perlalu takut memberikan anaknya vaksin di rumah sakit atau Puskesmas di Kaur,” imbaunya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kaur Drs Thabri menyampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada tim BPOM Bengkulu yang telah melaksanakan Sidak dan memberikan jaminan serta menegaskan kepada masyarakat bahwa Kaur aman dari vaksin palsu.

“Memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat itu bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, melainkan tanggung jawab kita semua. Sesuai hasil Sidak BPOM Kaur aman dari vaksin palsu, tapi ini tetap kita awasi kalau ada peredaran vaksin palsu,” jelasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: