Harga Sayur Terjun Bebas

Harga Sayur Terjun Bebas

\"Ary,

CURUP, BE - Bila sebelum lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah lalu harga sejumlah sayuran di Kabupaten Rejang Lebong mengalami peningkatan yang cukup signifikan, namun berbeda dengan yang terjadi usai lebaran ini. Dimana harga sayuran mulai mengalami penurunan yang cukup drastis.

\"Hampir semua harga sayuran usai lebaran ini turun,\" aku Selamet (50) petani Desa Sumber Bening Kecamatan Selupu Rejang.

Menurut Selamet beberapa sayuran yang tidak mengalami penurunan tersebut antara lain cabai merah keriting, buncis, kembang kos dan wortel. Untuk harga Kembang Kol sendiri saat ini sebesar Rp 12 ribu dari Rp 6 ribu per Kg.

Kemudian untuk wortel saat ini Rp 8 ribu naik dari sebelumnya Rp 4 ribu per Kg. Selanjutnya Cabai Merah Keriting dari Rp 20 ribu menjadi Rp 30 ribu per Kg sedangkan untuk buncis saat ini sebesar Rp 4 ribu dari sebelumnya Rp 2.500 per Kg.

\"Selain wortel, buncis, kembang kol dan cabai semuanya turun,\" tambah Selamet.

Beberapa sayuran yang mengalami penurunan yang cukup drastis seperti tomat yang sebelumnya dihargai Rp 5 ribu per Kg setelah lebaran ini tinggal Rp 700 per Kg. Kemudian daun bawang yang sebelumnya Rp 8 ribu saat ini tinggal Rp 2 ribu per Kg. Bahkan Siledri mengalami penurunan yang cukup drastis dimana sebelumnya mencapai Rp 15 ribu per Kg saat ini hanya dihargai Rp 1000 per Kg.

Kemudian Sawi Pahit dari sebelumnya RP 1.500 saat ini tinggal Rp1.000 per Kg, Kol Bulat yang sebelumnya Rp 2 ribu saat ini tinggal Rp 1.000 per Kg dan Terong Ungu dari Rp 1.500 menjadi Rp 1.000 per Kg.

\"Harga yang saya sampaikan tersebut, meru[akan harga jual ditingkat petani,\" papar Selamet.

Terkait dengan adanya penurunan harga sayur ini, menurut Selamet dikarenakan beberapa faktor yang memang selama ini kerap terjadi. Salah satunya karena stok sejumlah sayuran yang cukup banyak karena adanya panen serentak oleh petani di kawasan Selupu Rejang yang terkenal sebagai lokasi penghasil sayuran di Rejang Lebong.

Sedangkan untuk dikawasan Pasar Atas Kota Curup, berdasarkan pantauan Bengkulu Ekspress, harga sayuran masih terbilang normal meskipun sudah mengalami penurunan, namun penurunan ditingkat penjual tidak sedrastis yang dialami ditingkat petani. Seperti tomat saat iniharganya masih berkisar diangka RP 4 ribu per Kg, kemudian kol bulat Rp 2 ribu per Kg, daun bawang Rp 10 ribu.

\"Memang beberapa hari ini mengalami penurunan, namun tidak terlalu signifikan,\" terang Andi (35) pedagang sayur di Pasar Atas Kota Curup.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: