Anggaran Rp 100 Juta per Desa, Diusulkan

Anggaran Rp 100 Juta per Desa, Diusulkan

TAIS, BE-Sekkab Seluma Drs H Mulkan Tajudin MM mengatakan, program bantuan Rp 100 juta kepada setiap desa direncanakan direalisasikan di tahun 2013 ini. Pemkab Seluma kini telah mengajukan anggaran yang cukup, untuk disahkan melalui rapat paripurna DPRD Seluma.

“Bantuan Rp 100 juta itu merupakan kegiatan yang akan memajukan kehidupan perdesaan dan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Mulkan Tajudin. Dijelaskannya, dana yang akan dikucurkan Rp 201 tersebut di luar danggaran dana dea (ADD). Dana yang dikucurkan Rp 100 juta tersebut, diserahkan sepenuhnya kepada desa untuk pemanfaatannya sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

”Desa diberikan kewenangan mengelolanya. Apakah itu untuk membangun jalan, gang, air bersih atau fasilitas umum lainnya, silahkan desa dan kelurahan menentukannya sendiri,” katanya.

Teknisnya nanti, lanjut Mulkan, penerapan dana tersebut mesti melalui kesepakatan dari warga masing-masih desa dna kelurahan bersangkutan. Tak ada campur tangan pihak kegita sebagai penyedia barang dan jasa pemerintah, melainkan dana Rp 100 juta itu bulat-bulat diserakan kepada masyarakat.

”Jika usulan ini disetujui, nantinya kita akan membentuk panitia teknis. Namun, sejauh ini pihaknya sangat optimis program tersebut dapat disetujui dewan, karena sebelum diajukan, Plt BUpati H Bundra Jaya SH MH bersama DPPKAD dan Sekkab sudah melihat aspirasi dan ketersediaan anggaran program tersebut. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: