10 Puskesmas Tak Ada Dokter Tetap

10 Puskesmas Tak Ada Dokter Tetap

TAIS, BE-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma megalami kekurangan tenaga dokter umum dan dokter gigi. Minimal, Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tais kini membutuhkan penambahan dokter umum sebanyak 10 orang. “Seluma masih kekurangan dokter. Paling tidak, untuk ememnuhi standar minimal, kita butuh 10 orang dokter umum,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Seluma, H Yansyah Nawawi SKM MKes.

Sebanyak 22 puskesmas yang tersebar di 14 kecamatan di Seluma, 10 puskesmas diantaranya belum memiliki dokter sama sekali. Padahal, standar kesehatan nasional itu, minimal setiap 1 puskesmas tersedia 1 orang dokter umum. Selain itu, juga mesti tersedia dokter gigi di sejumlah puskesmas yang ada. Dibeberkannya, puskesmas yang tak ada dokter, yakni Puskesmas di Desa Muara Maras, Gunung Kembang, Kembang Mumpo, Renah Gajah Mati (RGM) dan Sukamerindu. ”Puskesmas kita yang ada dokter gigi, Puskesmas Tais. Selebihnya belum ada,” kata Yansyah.

Sementara itu, diungkap Yansyah, saat ini tengah ada 13 orang dokter pegawai tidak tetap (PTT) yang ditugaskan sementara oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Masing-masing dokter tersebut mendapat jatah tugas selama 1 tahun. Menurutnya, bantuan dari Kemenkes tersebut menjadi lumayan membantu kebutuhan tenaga medis di Seluma. namun, karena sifatnya tidak pemanen, maka pihaknya berharap ada penambahan dokter tetap di daerah bumi serasan seijoan itu.

”Selain dokter PTT untuk puskesmas. Sekarang ada 5 dokter yang ditugaskan sementara yang ikut program interest dan bertugas selama setahun di Seluma,” katanya.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: