Gaji PNS Terus Dipotong Zakat

Gaji PNS Terus Dipotong Zakat

TAIS, BE-Gaji seluruh PNS di dilingkungan Pemkab Seluma akan terus dipotong Rp 15 ribu setiap kali gajian oleh Pemkab Seluma. Pemotongan tersebut sebagai kebijakan penarikan zakat, infaq dan sedekah (ZIS) PNS oleh Badan Amil Zakat (BAZ) Seluma. Hal ini ditegaskan Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Seluma, Jahuti SAg.

Menurutnya, pengolaan zakat melalui pemotongan gaji tersebut sudah dimulai sejak tahun lalu. Program seperti tersebut memudahkan bagi pengelola BAZ untuk menarik hak-hak orang miskin yang bersumber dari pendapatan pegawai itu. Sehingga taksiran penyaluran zakat, infaq dan sedekah kepada pihak yag berhak menerimanya dapat ditaksir sejak awal tahun anggaran. ”Melalui kerjsama Pemda dan BAZ, pembayaran zakat PNS dilakukan pemotongan gaji secara langsung,” katanya.

Pengelolaan BAZ di, lanjut Jahuti, akan terus ditingkatkan. Jika tahun 2012 lalu, BAZ sudah berhsil menyalurkan dana sebesar Rp 50 juta kepada pihak penerima zakat. Selanjutnya, Pemkab terus mendorong peningkatan fungsi lembaga amal yang dijamin oleh Undang-Undang Nomor 23 tahun 2011, itu. Direncanakan, tahun ini Pemkab Seluma akan merealisasikan program pembangunan gedung kantor BAZ.

”BAZ harus punya gedung sekretariat sendiri, supaya pengelolaan zakat menjadi terkoordinir dengan baik, ” katanya. Selama ini, aktifitas pengurus BAZ untuk bekerja menumpang ruangan di Pemkab Seluma. Kini, Pemkab Seluma sudah menerima surat edaran soal penyediaan gedung BAZ yang harus tersendiri degan gedung pemerintahan, gedung pun bakal segera dibangun. Tak hanya itu, Pemka juga bakal menyediakan 1 orang staf administrasi, 1orang staf keuangan dan 1 orang lagi petugas lapangan semuanya untuk BAZ.

“Untuk mencukupi kebutuhan staf tersebut, pemerintah daerah akan terlebih dahulu berkoordinasi dengan Kemenag. Untuk mendapatkan persetujuan dari pemerintah,” katanya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: