Korem Bangun Denzipur

Korem Bangun Denzipur

Pgs Kapenrem Silaturahmi ke BE

BENGKULU, BE - Provinsi Bengkulu menjadi salah satu daerah yang rawan bencana alam seperti tanah longsor, banjir hingga gempa bumi. Atas hal itu, Korem 041 Garuda Emas (Gamas) Bengkulu berencana akan membangunan Detasemen Zeni Tempur (Denzipur) di Kabupaten Mukomuko.

Denzipur ini nantinya akan difungsikan sebagai garda terdepan dalam masalah penanggulangan dampak bencana.

\"Pembangunan Denzipur ini program ini dari Mabes TNI untuk mengantisipasi dampak bencana,\" terang Pejabat pengganti sementara (Pgs) Kapenrem 041 Gamas Bengkulu, Kapten Fajar BK saat silaturahmi ke Graha Pena Bengkulu Ekspress, kemarin (28/6).

Dikatakannya, Denzipur ini nanti akan berisikan personel-personel TNI yang mempunyai kemampuan teknis seperti bisa menggunakan alat berat dan peralatan canggih lainnya. Kemudian bisa melakukan rekontruksi bencana.

\"Personel handal nanti akan disiapkan pada Denzipur ini. Karena tugas TNI ini tidak hanya menjaga ketertiban masyarakat ataupun sebagai benteng pertahanan negara, namun terjadinya bencana alam juga bagian dari tugas TNI,\" ujarnya.

Untuk pembangunan Denzipur, lanjutnya, belum ditentukan kapan waktunya. Namun untuk lokasi yang dipilih sangat tempat untuk melakukan pemantauan bancana, baik di Bengkulu, maupun di provinsi tetangga, seperti Padang Sumartra Barat dan Sumatra Selatan.

\"Kepastiannya kita tinggal menunggu instruksi dari atasan,\" tambahnya Fajar.

Disamping itu, Fajar BK yang baru saja menjabat sebagai Pgs Kapenren pengganti Mayor Chk Yadi Cahyadi SH yang dipindah tugaskan di Mabes TNI ini, juga mengatakan Bengkulu ini harus dibangun keamanannya melalui mental dan moralnya, baik melalui edukasi, sosialisasi, maupun dengan upaya lain yang bersifat komunikatif. Sehingga langkah persuasif dapat dicegah sejak dini.

\"Keamanan adalah kebutuhan. Ketika keamanan dalam dibentuk, maka akan mampu memberikan dampak laur biasa. Baik untuk ekonomi masyarakat, maupun untuk generasi penerus bangsa,\" bebernya.

Sementara itu, kunjungan Pgs Kapenrem yang disambut langsung oleh General Manager (GM) Bengkulu Ekspress Sukatno MSi, Deputi GM Suherdi Marabillie SE dan Manager Sirkulasi Jamal Ma\'arif.

Dalam kesempatan itu, Sukatno mengungkapkan, untuk menjaga keamanan dan mempertahankan NKRI harus dilakukan bersama-sama oleh semua pihak.

\"Banyak daerah rawan kejahatan di Bengkulu ini harus diselesaikan bersama-sama. Baik dengan edukasi ke masyarakatnya maupun langkah lainnya, sehingga keamanan wilayah dan negara ini dapat terjamin dengan baik,\" ujarnya. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: