Dana Pelantikan Helmi-Linda Melonjak Rp 400 Juta

Dana Pelantikan Helmi-Linda Melonjak Rp 400 Juta

BENGKULU, BE - Anggaran pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih, Helmi Hasan-Patriana Sosialinda naik dua lipat. Kebutuhan sebelumnya Rp 200 juta menjadi Rp 400 juta. Ini dikarenakan banyak biaya tambahan yang dikeluarkan, seperti penyewaan gedung, dekorasi, dan berbagai pengeluaran lainnya.

\"Kalau jumlah totalnya belum diketahui pasti, sifatnya tergantung kebutuhan, kalau cukup Rp 400 juta maka kita harus keluarkan sebesar itu,\" ungkap Sekretaris dewan (Sekwan), Selupati SH.

Sementara itu Badan Musyarawarah (Banmus) DPRD Kota, kemarin (15/1) melakukan rapat terkait persiapan pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih, Helmi Hasan-Patriana Sosialinda. Rapat Banmus yang dipimpin Ketua DPRD Sawaludin Simbolon itu memutuskan bahwa pelantikan dilakukan di Gedung Balai Buntar Kota Bengkulu. Keputusan ini bertolak belakang dengan pernyataan Sawaludin sebelumnya yang mengatakan hasil rapat 6 fraksi di DPRD kota memutuskan bahwa pelantikan tetap dilakukan di gedung DPRD kota, dan keputusan itu bersifat final.

Banmus ini juga terlihat janggal, dari 9 anggota Banmus hanya hadir 4 orang, yakni Sawaludin Simbolon, Irman Sawiran, M Awaludin dan Hari Suharsyah SH. Sedangkan 5 anggota Banmus lainnya tidak hadir tanpa alasan yang jelas. Selain itu, hadir dalam rapat tersebut, perwakilan dari Pemkot, Sekretaris Dewan, dan beberapa undangan lainnya.

Usai rapat, Sawaludin mengaku bahwa memang sebelumnya pihaknya menginginkan pelantikan dilakukan di gedung DPRD kota, namun berdasarkan berbagai pertimbangan termasuk permintaan dari Walikota terpilih, maka pihaknya pun menyetujui bahwa pelantikan dilakukan Senin (21/1) pukul 10.00 WIB di gedung Balai Buntar.

\"Kemarin itu keputusan fraksi-fraksi, sedangkan saat ini keputusan akhir yakni keputusan Banmus,\" elaknya. Sawaludin juga membantah bahwa rapat Banmus itu dikatakan tidak kuorum hanya dihadiri 4 anggota Banmus. Menurutnya Banmus tidak mempermasalahkan berapa anggota Banmus yang hadir, asalkan pihaknya telah memberikan undangan kepada semua anggota Banmus.

\"Anggota Banmus lainnya banyak yang berhalangan, tapi semuanya telah kita berikan undangan dan mereka menyatakan siap menerima apapun keputusan Banmus ini,\" ujar pria asal Medan itu.

Senada juga disampaikan Wakil Ketua DPRD kota, Irman Sawiran. Ia mengungkapkan pihaknya menyetujui pelantikan dilakukan di Balai Buntar, mengingat Helmi Hasan akan mengundang sedikitnya 2 ribu masyarakat kota untuk menghadiri pelantikan tersebut. Dan itu tidak mungkin dilakukan di gedung DPRD kota, karena kapasitasnya sangat terbatas.

\"Meskipun kita akui akan terjadi penambahan cost atau biaya, namun harus kita setujui karena gedung DPRD kota tidak mampu untuk menampung masyarakat sebanyak itu,\" sampainya.

Selain pelantikan oleh masyarakat, DPRD kota juga akan mengundang semua pimpinan DPRD kabupaten/kota, para Kepala Daerah se - Provinsi Bengkulu dan Kepala Daerah tetangga. (400)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: