BTN Akan Luncurkan Rumah Sangat Murah, Angsuran Hanya Rp. 400 Ribuan

BTN Akan Luncurkan Rumah Sangat Murah, Angsuran Hanya Rp. 400 Ribuan

\"kesibukan

BENGKULU, bengkuluekspres.com- Sebagai upaya membantu masyarakat berpenghasilan rendah yang ingin memiliki rumah, Bank Tabungan Negara (BTN) memberikan program rumah murah untuk masyarakat.

Program rumah murah yang ditawarkan bank berplat merah ini, akan lebih menguntungkan masyarakat. Pasalnya rumah murah yang ditawarkan lebih murah murah dari rumah bersubsidi yang pernah di canangkan oleh pemerintah.

Menurut Kepala Cabang BTN Bengkulu Darmin Usman, Rumah murah yang diperuntukan bagi buruh-buruh atau pekerja lepas yang penghasilan masih rendah ini, syaratnya sangat mudah yaitu cukup buruh atau pekerja lepas mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) subsidi dengan syaratnya adalah mampu membayar cicilan rutin setiap bulannya.

\"Program ini tidak membatasi jenis pekerjaan. Yang penting calon KPR sanggup atau tidak untuk mencicil angsuran setiap bulannya,\"terangnya saat dihubungi bengkuluekspres.com, hari ini, Sabtu (18/06/2016).

Ketika bengkuluekspress.com menanyakan alasan BTN meluncurkan program rumah sangat murah ini, Darmin mengatkan bahwa program ini diluncurkan karena melihat kondisi masyarakat di Bengkulu yang masih banyaknya masyarakat berpenghasilan rendah yang belum mampu untuk membeli rumah.

\"Melihat kondisi ini, kita paksakan pengembang atau developer untuk membangun rumah murah di bawah harga rumah subsidi. Jika rumah subsidi angsuran sebulannya sekitar Rp 800 hingga Rp.900 ribu, maka rumah sangat murah ini angsurannya hanya Rp. 400 hingga Rp.500 ribuan.

Sedangkan untuk mensiasati agar pengembang tidak rugi, maka spesifikasi bangunan disesuaikan dengan harga. Jika rumah bersubsidi dibangun dengan tife 36, maka rumah sangat murah dibangun dengan tife 30.

Selain itu, BTN juga akan mempermudah persyaratan mulai proses dokumen hingga proses akad. Yang terpenting calon KPR tidak tersangkut hutang dengan pihak bank lain atau terkena BI checking.

Usman berharap, dengan adanya rumah murah ini masyarakat Bengkulu yang berpenghasilan rendah bisa memiliki tempat tinggal sendiri.

\"Sebagai uji coba, BTN sudah menunjuk Sakinah sebagai pengembang membangun rumah murah ini. Sekarang proses pembangunan rumah murah ini sedang dalam pengerjaan.\"tutup Usman.(edo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: