Sapi Bantuan Berkembang Ribuan Ekor

Sapi Bantuan Berkembang Ribuan Ekor

RATU SAMBAN, BE- Bantuan ternak sapi di Kota Bengkulu terus berkembang. Saat ini sedikitnya sudah 4.000 ekor sapi telah dikembangkan dengan sistem bergulir. Bantuan itu telah dikembangkan sejak tahun 2010 lalu melalui dinas Peternakan kota Bengkulu kepada kelompok koperasi ternak sapi.

\" pengembangan sistem sapi itu dilakukan, satu anggota satu sapi dan harus mengembalikan dua ekor sapi kepada koperasi untuk digulirkan pada anggota yang baru, \" kata Ketua kelompok ternak sapi, Emran Syahrial, kemarin. Dijelaskannya, dari jumlah ratusan sapi yang dikembangkan di kawasan perbatasan Kota Bengkulu itu saat ini18 kelompok ternak sapi telah berhasil mengembangkan sedikitnya 4.000 ekor sapi, \" Anggota koperasi telah menikmati hasil ternaknya dan saat ini sudah banyak berkembang menjadi sapinya sendiri, \" terangnya.

Tak dipungkiri, semakin banyak peternak sapi dan semakin padat kawasan perumahan penduduk, menyebabkan koperasi terkendala ketersediaan lahan dan pakan. Kondisi ini bisa mengancam sistem bagi hasil itu tak bisa dikembangbiakkan lagi untuk anggota baru. Lahan merupakan sarat utama yang harus disediakan bagi anggota yang baru akan bergabung, pasalnya koperasi tak mau gegabah dalam memberikan bantuan pada warga.

\"Selain lahan, anggota koperasi membayar sumbangan wajib sebesar Rp 2.500 perbulan dan sumbangan pokok Rp 50 ribu pertahunnya. Jika tidak memiliki lahan, dikhawatirkan sapi itu akan dijual, \" ujar Emran

Keberadaan lahan selain untuk menyediakan pakan ternak, sekaligus sebagai lokasi untuk sapi untuk diliarkan. Kondisi tersebut memang cukup menyulitkan bagi warga, namun itu memudahkan pemantauan calon penerima agar bantuan itu tepat penggunaanya. Pun begitu bantuan ternak sapi itu, mampu meningkatkan kesejahteraan para peternak melalui penyaluran secara guliran maupun kelompok. (247)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: