DAK Pendidikan Melorot

DAK Pendidikan Melorot

TAIS, BE-Ditahun 2013 ini, Dinas Pendidikan (Dispendik) Seluma akan kembali menerima Dana Alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 19 miliar. Jumlah tersebut berkurang dibandingkan tahun lalu yang mendapat Rp 23 miliar. Penerimaan DAK tahun ini terdiri dari Rp 14,5 miliar program rehabilitasi gedung sekolah dan Rp 4,5 miliar pembangunan infrastruktur jalan menuju sekolah-sekolah.

Hal tersebut diakui Sekretaris Dispendik Seluma Nopiar Oswari SPd MM MSi. Dikatakannya, faktor melorotnya penerimaan tersebut karena sejumlah SMA dan SMK akan mulai menerima dana Bantuan operasional Sekolah (BOS). Sedangkan ditahun 2012 lalu hanya SD dan SMP sja yang menerima BOS. ”Pengurangan DAK, karena ada program dana BOS untuk SMA dan SMK,” katanya.

Dijelaskan Nopiar, SMA dan SMK akan menerima alokasi dana rehab seperti SD dan SMP selama ini. Menurutnya, kepastian besaran DAK yang akan diterima tahun ini tersebut didapat dari informasi tertulis maupun lisan dari Kementerian Pendidikan Dan kebudayaan (Kemendikbud) RI. Sementara ini, pihaknya masih menunggu petunjuk pelaksanaan dan petunjunjuk teknis atau Juklak Juknis dari Kemendiknas soal realissi program tersebut. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: